Review Tools Vietnam Drip

Kembali lagi dipostingan saya, kali ini masih akan membahas soal perkopian. Saya mau review dan share testimoni soal tools untuk buat kopi Vietnam, dengan tools yang biasa dikenal dengan istilah 'vietnam drip'.

Tools yang saya dapat ini merupakan tools sepaket dengan paketan manual brew in house yang saya beli beberapa waktu lalu.

Untuk dokumentasinya bisa dilihat difoto di bawah ini ya, lihat tanda panahnya, kemasannya seperti itu. Kebetulan saya gak sempet dokumentasi secara closse up.

Perhatikan tanda panah, itulah dia kemasan luar produk yang sedang saya bahas. Abaikan gambar lain ya.

Seperti itulah kemasannya ya, dan kalian harus ingat, karena review saya negatif terhadap alat ini ya, dan gak merekomendasikan ya.

Bagaimana isi di dalam box merah yang ditunjuk tanda panah itu?


Nah itu dia penampakannya, kalau dilihat dari foto sih ya it's oke, gak ada komplain ya.

Materialnya full SS, dengan stiker label LC1, dengan brand 'Lang Cam'. Mungkin itu merk si tools vietnam drip yang saya bahas ini ya.

Untuk ukuran dari tools ini berada dikisaran 150-200 ml ya kurang lebih.

Apa sih yang jadi catatan saya kenapa agak komplain dan tidak merekomendasikan alat ini?

Tools ini kan dibagi jadi tiga bagian ya. Pertama adalah penampung utama, wadah utamanya, yaitu lepek dan cangkir basket kopinya.

Kedua ada itu ada screen filter yang digunakan untuk menahan kopi di dasar basket.

Ketiga adalah bagian tutupnya, yang digunakan untuk menutup dan bisa digunakan untuk alas tatakan ketika tools ini selesai digunakan supaya tidak menetes sisa kopi yang selesai dibrew.

Catatan saya itu ada pada bagian kedua, dimana dia tidak dibuat terikat atau terkunci. Jadi ketika diisi air dan kopi di bawahnya, bagian ini gak bisa mengunci kopi dengan baik. Ketika terisi air si bagian kedua ini malah ikut naik, mengambang. Akhirnya si kopi gak dapat press yang konstan.

Jelasnya bisa dilihat di video saya saat mencoba pertama kali membuat kopi Vietnam dengan tools ini.


Kemudian bagian kedua ini relatif ringkih, terutama pada bagian pegangannya, mudah sekali bengkok.

Intinya ya tidak direkomendasikan beli tools ini, ingat ya foto dan gambarnya. Saya rasa untuk pengguna awam atau newbie jangan lah beli yang model begini, memang murah tapi sangat tidak direkomendasikan.

Bukan menjelekan, tapi ini si pembuat alat ini harus perhitungkan hal ini, jangan asal buat alat tapi tidak tepat guna kan mubazir. Biaya produksinya pastinya lebih simpel tapi kalau ketika di pasar tidak jadi pilihan konsumen akan percuma saja. Jika melakukan duplikasi produk, dipastikan menambahkan keunggulan tertentu, supaya bisa jadi nilai lebih produknya.

Baiklah segitu saja review dari saya ya, kalau ada yang perlu dikritisi mohon tulis dikolom komentar ya, mungkin saja saya yang salah menggunakan alat ini. Tetapi secara logika, masa iya itu penahan 'pres' ngambang ketika diisi air, lalu buat apa coba diberikan penahan itu #logika.

Tapi sebelumnya saya coba saya kan sudah hunting YouTube dulu bagaimana sih pakai alat ini, dan ternyata beda sekali dengan tutorial lain. Tools ini saya katakan failed, not recommended. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.