Grinder Kova Sylus

Akhirnya bulan Desember ini saya memutuskan untuk melego alat bantu ngebrew manual, saya persiapan membuat kedai kopi sendiri di rumah, ya saya ingin punya 'bar kitchen' sendiri, bukan nyajikan minuman beralkohol, tapi kopi atau teh.

Jadi memang sejak September saya sudah mengumpulkan alat² dari manual brew hingga yang otomatis khusus grinder ini.

Cukup lama juga saya hunting grinder mana sih yang sekiranya cocok untuk saya, bukan karena saya sudah pengalaman, jadi cari grinder yang terbaik. Bukan gitu, saya ini justru masih newbie sekali.

Sebelumnya saya punya grinder manual, hand grinder. Namun mutunya murahan kali ya, baru 2x buat giling kopi, itu besi untuk pengunci/ pemutar grindernya sudah kalah dratnya, sangat tak berkualitas.

Grinder yang saya beli ini untuk jangka panjang, sekiranya saya gak perlu beli lagi beberapa waktu kedepan, semua kebutuhan saya terkait gilingan kopi skala rumahan bisa terpenuhi.

Kova Sylus adalah grinder yang saya putuskan untuk dibeli. Mengalahkan beberapa grinder yang murah meriah lain. Unit grinder ini saya beli dengan harga Rp 799.000,- agak lumayan gak murah juga sih. Tapi yang lebih mahal banyak lho.

Oh ya, Kova Sylus ini punya dua warna, silver dan black. Harga yang silver lebih murah daripada yang black, saya pilih yang silver saja buat ngimbangi warna alat brew yang cenderung silver ala² stainless steel.

Kalau di Shopee memang pilihan warna harga beda, itu dari toko yang saya beli, tapi kalau di Tokopedia itu harganya sama saja. Link pembeliannya saya share yang Tokopedia saja ya, di bawah postingan.

Grinder ini merupakan produk dari Goto Home Applied. Banyak produk lain dari Goto ini, salah¹ nya ya yang saya beli ini.

Kenapa saya pilih Sylus untuk grinder?


Karena bentuknya stylis, modern dan sudah digital, ya ada panel digitalnya. Kalau ditaruh jadi pajangan juga bagus dilihat. Sejauh ini review Youtuber positif, jadi saya pikir kenapa gak saya buktikan sendiri.

Kova grinder juga punya yang versi tiruan dari grinder sejuta cafe, dengan label N600. Saya tidak memilihnya karena tampilannya ya biasa, gak bisa jadi pajangan yang bikin orang bertanya, "itu apa?"

Untuk link pembelian saya share di bawah postingan ini ya.

Berikut ini spesifikasi teknis dari grinder Kova Sylus.
Material : plastik ABS & PP kombinasi
Material mata bor : 40 mm SS
Daya listrik : 150 Watt
Kapasitas biji kopi : 320 gram
Kapasitas tampung bubuk kopi : 130 gram
Kecepatan mesin : 500 rpm
Kebisingan : < 69dB

Dengan spesifikasi tersebut digunakan sebagai grinder kopi di rumah sudah lebih dari cukup. Rata² gramasi kopi yang saya buat paling ya 15-30 gram saja, kecuali saya lagi ada tamu, paling juga maksimal 60 gram.

Listriknya juga gak terlalu besar, sekiranya cukup untuk Watt saat ini di kos yang 900 Watt.

Paket pembelian unit grinder Kova Sylus ini dapat apa saja sih?
1 unit grinder Kova Sylus (silver)
2 pcs portafilter holder
1 wadah bubuk kopi kapasitas 130 gram
1 wadah biji kopi kapasitas 320 gram
1 kuas pembersih

How experience to use?

First view, ketika unboxing buat saya sih mewah ya. Terkesan grinder mahal, ya walau gak mahal kalau orang sudah tahu merk dan tipenya, kalau yang awam soal kopi, pasti gak terlalu ngehin.

Build quality materialnya cukup lumayan, okelah, gak nampak seperti plastik² rekondisi, layak lah, mulus juga materialnya. Kesan murahnya gak kelihatan bagi yang awam, termasuk saya sih.

Nah kualitas penghalusan nya bagaimana?

Kova Sylus ini punya skala grinde size kopi, dari yang paling halus sampai yang cource. Salah dua alasan saya beli grinder ini adalah untuk support saya buat seduhan kopi espresso dan seduhan lain yang membutuhkan gilingan kopi yang agak kasar, untuk viet-dripp dan V60. Selain itu saya juga mau trial² kopi² yang masih biji, lalu saya giling sendiri. Kalau yang sudah bubukan itu kan mainstream, jadi saya coba yang agak ribet sedikit.



Nah untuk link pembelian kalian bisa klik langsung tautan ini, ini langsung ke seller official Foto Home Applied, jadi pasti lebih terjamin ya.

Pastikan membelinya di official store untuk mempermudah klaim garansi dan mencari produk² lain dari official nya.

Link belanja bisa klik di sini juga, ini sangat membantu kalian langsung ke seller resminya.

Baiklah segitu saja sharing, review dari produk yang baru saya beli ini. Semoga bisa nambah referensi kalian yang memang lagi cari alat grinder kopi elektrik.

Jika masih bertahan memilih hand grinder, disarankan memilih yang bermerk karena kekuatan itu utama, jangan seperti saya beli grinder manual tapi baru 2x pakai sudah habis dratnya.

Kalau gak mau capek ya pakai grinder elektrik seperti di atas tadi, Kova Sylus, pilihan terbaik untuk saat ini. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.