Apa Mobil Impian Saya Saat Ini?

Membahas soal mimpi, ya saya punya banyak mimpi, namun meskipun mimpi saya masih realible untuk membawanya ke dalam mimpi.

Ketika saya ditanya, apa mobil impian saya?

Saat ini saya memang memelihara satu unit mobil kelas LCGC, Datsun Go lansiran tahun 2018 berwarna silver metalik.

Pertanyaan yang diberikan kepada saya, mobil impian saya apa? Karena saat ini sedang ramai soal mobil listrik, pemerintah pun mulai memberikan perhatian pada mobil listrik, saya terpikir untuk punya mobil listrik juga.

Tapi saya sadar diri, untuk infrastruktur rumah belum mendukung terkait charging mobil listrik murni, jika saya bermimpi punya mobil listrik murni, saya pasti harus bermimpi juga yang lain, yakni punya rumah yang mampu mencharge mobil listrik dan itu pasti akan menyulitkan untuk diwujudkan, terlalu banyak permintaan.

Lalu supaya mimpi saya bisa diwujudkan punya mobil listrik bagaimana?

Ada satu mobil listrik, dia hybrid dimana penggeraknya adalah motor listrik 100% namun tidak perlu charging seperti mobil listrik murni, yang perlu charging dari luar. Mobil listrik yang saya butuhkan ini ternyata ada dalam Nissan Kicks E-Power. Dimana dia tidak memerlukan charging eksternal, karena si mobil ini mampu mencharge dirinya sendiri.

Nissan Kicks E-Power

Ilustrasi Nissan Kicks E-Power 2022, mobil yang benar² hanya ada dimimpi. Gambar diambil dari Google.

Mobil ini diluncurkan di Jepang sejak tahun 2019. Saya mengenal mobil ini sejak tahun itu, sejak mulai ramai² nya mobil listrik murni seperti punyanya Tesla. Hingga kemudian disusul pabrikan² besar lain meluncurkan mobil listrik murninya masing².

Namun saya entah kenapa lebih suka dengan konsep hybrid dari mobil listrik yang ditawarkan oleh Nissan Kicks E-Power.

Bahkan saya pernah membuat postingan tentang mobil ini beberapa waktu yang lalu, tautannya bisa diklik dibawah ini.


Ternyata postingan itu saya publish dibulan Desember 2020, dan tepat dibulan Desember pula saya kembali ingin bermimpi memiliki mobil ini lagi, sebagai mobil kedua saya kelak jika saya dimampukan memilikinya.

Dipostingan itu saya juga mencatat beberapa hal tentang Nissan Kicks E-Power dari sisi mesin dan harganya saat itu.

Kali ini lagi saya mau mereminder apa yang pernah saya tulis dulu, berdasarkan update terbaru dari website Nissan, lebih tepatnya dari Aplikasi My Indomobil Nissan, soal informasi lini produk mobil baru Nissan.

Ilustrasi interior dasboard Nissan Kicks E-Power 2022, gambar diambil dari Google.

Nissan Kicks E-Power ini menggendong dua mesin, pertama adalah mesin 'bensin' dengan kapasitas 3-cylinder inline, kapasitas 1198 cc, tipe mesin HR12. Maksimum power 129 PS/4000-8992 RPM dan maksimum torsi 260 Nm/500-3008 RPM.

*torsinya agak berbeda dengan data yang saya post pada 2020 yang lalu, dimana dulu itu 103 Nm, sekarang di 260 Nm.

*power mesinnya pun berbeda, dulu 78HP kalau sekarang jadi 129PS. Perlu diketahui bahwa angka PS akan selalu lebih tinggi dari HP, dimana 1 PS = 0.986320070619514 HP dan sebaliknya, 1 HP = 1.01386966542402 PS. Seharusnya tidak terlalu berbeda signifikan, tapi nampaknya ada update spek antara rilisan data spesifikasi unit 2020 dan 2022.

Kedua adalah motor penggerak utama yang 100% menggerakkan roda. Berasal dari Motor listrik Nissan Kicks E-Power EM47 Synchronous Motor, yang mempunyai tenaga 134DK dengan torsi 280Nm, dengan kapasitas baterai lithium-ion 2,06kWh.

Jadi kesimpulannya bahwa mesin dalam kesatuan mesin Nissan Kicks E-Power ini terdiri dari mesin 3-silinder kecil berukuran 1.2 liter, generator, inverter, dan motor elektrik. Mesin ICE (Internal Combustion Engine) dan generator akan menghasilkan listrik yang tersimpan di baterai lithium-ion, lalu menyalurkannya ke motor elektrik untuk memberi daya tanpa perlu recharging listrik dari luar.


Selain itu, Nissan Kicks E-Power dibekali beberapa kecanggihan teknologi masa kini, apa saja itu?

Intelligent Cruise Control (ICC) Teknologi cerdas cruise control Teknologi Intelligent Cruise Control (ICC) akan mengatur kecepatan Nissan Kicks secara otomatis berdasarkan kecepatan mobil yang ada di depan Nissan Kicks Anda. Sistem akan menjaga jarak antar kendaraan dan ketika sudah aman, mengembalikan kecepatan yang sudah ditentukan pengemudi.

Intelligent Forward Collision Warning (IFCW) Teknologi cerdas pemberi peringatan tabrakan. Sistem akan mengeluarkan sinyal suara peringatan saat mendeteksi adanya resiko tabrakan dari depan.

Intelligent Emergency Braking (IEB) Teknologi cerdas pengereman darurat. Sistem ini terintegrasi dengan IFCW (Intelligent Forward Warning Technologi) yang membantu menganalisa jarak dan kecepatan kendaraan di depan Anda, dan mampu mengurangi kecepatan Nissan Kicks Anda hingga menghentikan laju jika berpotensi kecelakaan.

Blind Spot Warning (BSW) Teknologi peringatan blind spot. Sistem peringatan yang yang membuat berkendara Anda semakin nyaman dan aman. Meningkatkan kenyamanan dalam situasi dimana Anda ingin berpindah jalur. Sesaat setelah lampu sein menyala, system akan membunyikan sinyal dengan lampu untuk memperingatkan Anda apabila ada kendaraan lain di jalur yang tidak bisa dilihat pengemudi.

Rear Cross Traffic Alert (RCTA) Teknologi yang mendeteksi obyek dibelakang mobil ketika mundur. Saat Nissan Kicks Anda mundur system akan memberikan peringatan. Saat ada kendaraan menghampiri dalam radius 20 meter dari arah kana ataupun kiri, system akan memberikan sinyal dengan lampu dari arah mana kendaraan tersebut datang.

Hill Start Assist (HAS) Teknologi yang membantu perjalanan saat tanjakan. Ketika berhenti di tanjakan curam, system akan membantu mencegah All New Nissan Kicks untuk mundur. Saat Anda melepas pedal rem, system akan tetap mengerem, sehingga pengemudi bisa menginjak pedal gas dan mulai berjalan lagi dengan lancar.


Selain kelebihan tersebut di atas, Nissan Kicks E-Power juga dibekali fitur pendukung safety lainnya, yang umum standar biasa diberikan pabrikan lain, diantaranya sbb.:

ABS. Dalam situasi pengereman mendadak, dengan memompa rem lebih cepat untuk menghentikan laju, membantu mencegah roda terkunci, dan memungkinkan Anda untuk mengarahkan kemudi menghindari hambatan yang muncul tiba-tiba.

EBD. Menyeimbangkan dan menyesuaikan pengeremen pada kekuatan rem belakang pada saat beban ekstra di bagian belakang dari penumpang atau kargo. Ini seperti teknologi dimotor Honda adalah 'combi brake system'.

Brake Assist. Dalam situasi pengereman keras atau panik. Tekanan pedal ekstra memberikan kekuatan tambahan untuk berhenti dengan mengaktifkan ABS dan EBD lebih cepat di bawah situasi pengereman darurat. Mengendarai Nissan Kicks jadi aman dan semakin fun tanpa perlu khawatir untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara.


Berikut ini spesifikasi teknis dari unit mobil Nissan Kicks E-Power, dispek ini tidak membahas mesin ya, karena sudah dibahas di atas tadi, di sini lebih ke dimensi dll., selain engine.
# Panjang : 4305 mm (4,3 meter)
# Lebar : 1760 mm (1,7 meter)
# Tinggi : 1615 mm (1,6 meter)
# Wheelbase : 2620 mm (2,6 meter)
# Radius putar : 5,1 meter
# Ground clearance : 175 mm (17,5 cm)
# Fuel tank : 41L
# Sistem penggerak roda depan (FWD)
# Brake : front make ventilated disc & rear make disc
# Electric power steering
# Tyre 17 inchi , 205/55R17
# Bobot : 1.358 kg
# Price Rp 509.800.000,- *harga diambil dari review grid.oto publish YouTube 16-08-2022

*Melihat dari kapasitas bahan bakarnya, mobil ini nampaknya dan harusnya meminum bahan bakar sekelas Pertamax, Pertamax Turbo, Shell Super, Shell V-Power. Kita ambil contoh harga V-Power /L adalah Rp 15.100,- maka fuel tank membutuhkan dana Rp 619.100,-.

*Melihat juga price tahun 2020 dan tahun 2022 ada perbedaan, dimana ada kenaikan yang cukup lumayan yakni sebesar Rp 60.800.000,- selama dua tahun segitulah kenaikan harganya. Kenaikan ini memang ada banyak ubahan/ update dari sisi mesin, eksterior.


Memahami bagaimana Nissan Kicks E-Power ini lebih enaknya kita nonton review langsung ketika unit ini digunakan, dan kira² sejauh mana efisiensinya jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Ini review saat pameran mobil, publish Grid.Oto 16-08-2022, check this out.

Ini review saat test drive, publish Grid.Oto 31-10-2022, check this out

Nah begitulah kira² mobil impian saya, yang misalkan jadi pilihan sebagai mobil kedua saya. Ya kembali lagi saat ini masih baru bisa bermimpi.

Memelihara unit LCGC memang saya masih kesulitan, apa yang saya tuliskan tahun 2020 yang lalu ya sampai saat ini masalah ya masih sama, yakni soal keuangan yang belum mapan untuk membiayai kebutuhan rutin. Apalagi jika saya memelihara dua unit mobil sekaligus, bisa berat sekali.

Oh ya sekedar informasi, berapa sih pajak dari Nissan Kicks E-Power ini?

Kalau mobil lansiran 2020, pajak tahunannya berkisar pada 6,6 juta sampai 6,7 juta per tahun Kalau lansiran tahun 2022 itu pajaknya 5,6 juta per tahun. Kalau lansiran tahun 2021 itu pajaknya 4,5 juta per tahun. Berat gak tuh nanggung pajak tahunan segitu?

Ingin tertawa sih, dengan nominal segitu cukup berat sih buat saya kalau ngandelin gaji saat ini. LCGC saja saya keteteran apalagi miara mobil diatas LCGC begini, #berat #jelass

Ya segitu saja deh, ini merupakan mimpi saya yang berulang, ditahun 2020 saya pernah bermimpi dan dua tahun setelah itu saya kembali bermimpi menginginkan mobil ini.

Sampai jumpa dimimpi lain kesempatan, entah bermimpi hal yang sama lagi atau sudah ganti mobil atau memang ada rejeki mimpi itu terealisasi dengan tidak terduga. Kita lihat saja dua atau beberapa tahun ke depan bagaimana. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.