App. BCA Mobile

Setelah beberapa waktu saya sharing aplikasi perbankan dari miliknya Bank Mandiri, Livin, saya kali ini coba share app. perbankan dari punya BCA yang baru² ini saya pakai. 

Sebelum² nya saya tak menggunakan aplikasi untuk transaksi via BCA, tapi menggunakan internet banking, via laman browser.


Sama seperti bank² lainnya, BCA sudah sejak lama bahkan jauh sebelum bank² lain mulai pakai aplikasi, sepertinya BCA sudah lebih dulu deh, ini pendapat pribadi saya, terkadang saya suka salah 'klaim'.

Ya wajar, karena masih warga +62 yang habis melakukan perbuatan 'memalukan', mengklaim bola piala dunia 2022 itu buatan tanah air 🤭.

BCA itu punya beberapa aplikasi untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi, salah¹ nya aplikasi BCA Mobile. Orang² lebih sering menyebutnya sebagai transaksi m-banking.


Jadi dalam aplikasi BCA Mobile, yang gambar logo aplikasinya seperti gambar di atas, ada 3 menu utama, apa saja itu? m-BCA ; klikBCA dan info BCA. Serta ada submenu tambahan seperti Buka Rekening Baru ; Ganti Kode Akses dan Flazz.

Yang saya akan bahas lebih ke m-BCA ya kali ini.

Kalau klikBCA itu hanya tautan link dimana kita akan diarahkan ke laman browser alamat resmi untuk transaksi internet banking BCA, seperti yang biasa saya gunakan, dengan bantuan token BCA yang warna biru.

Kalau info BCA itu ya lebih ke tautan ke web resmi bank BCA terkait informasi perbankan dari BCA sendiri.

Lalu kalau submenu tambahan dibawahnya itu adalah menu pendukung untuk pembuatan rekening baru via online, ganti kode akses dan pengecekan saldo Flazz (emoney dari BCA).


m-BCA
Ini dia submenu dalam aplikasi BCA Mobile. Jadi untuk masuk ke dalamnya kita ada pasword khusus, ini bukan pin ATM atau pasword semacam pasword email. Untuk login kita membutuhkan 6 digit kombinasi angka dan huruf yang dibuat saat di customer service.

Supaya gak lupa, simpanlah pasword khusus login ke m-BCA ini dengan baik, ditakutkan lupa ya. Saya saja gampang lupa karena lebih sering menggunakan transaksi via internet banking.

Setelah login, memasukan password khusus tadi, maka munculah tampilan seperti di atas tadi. Jika ingin mengetahui akun profil kartu ATM mu, bisa lihat di bawah ini.


Jika mau transaksi, menu² yang tersedia bisa dilihat digambar yang sudah saya share di atas ya. Di sana ada menu m-Info ; m-Transfer ; m-Payment ; m-Commerce ; Cardless ; m-Admin ; BCA Keyboard ; Flazz ; BagiBagi dan Lifestyle.

Saya tidak akan bahas semua submenu itu tapi hanya yang diberikan bold saja, karena itu submenu yang umum digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

m-Info
Ini digunakan untuk beberapa kebutuhan cek saldo, cek mutasi tabungan. Banyak submenu lagi kalau dilihat di SC yang saya tampilkan.


Untuk cek saldo itu cukup dengan mengklik Info Saldo, maka saldo aktif akan muncul ditampilan. 


Kalau Mutasi Tabungan, bisa dilihat seperti SC berikut, tinggal dipilih sesuai kebutuhan, untuk tanggal mutasi ini hanya bisa lihat 7 hari dan maksimal adalah transaksi 31 hari yang lalu.


m-Transfer
Di sini kita kalau menggunakan transaksi transfer sesama BCA, antar bank dan transfer ke virtual account. Menu lainnya juga ada bisa dilihat di SC yang saya bagikan di bawah.


Tapi di sini saya lebih sering gunakan apa yang saya sebutkan tadi. Itu yang biasa juga saya lakukan melalui internet banking.


m-Payment
Submenu ini saya gunakan untuk pembayaran cicilan kartu kredit, bayar telepon bulanan seperti internet dan pascabayar telepon. Tapi saya hanya gunakan yang rutin tiap bulan adalah untuk bayar kartu kredit.




m-Commerce
Menu ini digunakan untuk pengisian isi ulang voucher pulsa, PLN Prabayar. Namun ini pun jarang sekali saya gunakan tetapi pernah.





Oh ya ada yang perlu diperhatikan dalam setiap transaksi diaplikasi ini, yakni tanda indikator hijau di sudut kanan atas, jika warnanya hijau itu tandanya aplikasi dan koneksi siap dipakai, jika berwarna selain itu dijamin transaksi akan bermasalah artinya tidak bisa berfungsi.

Kemudian setiap transaksi yang akan dikonfirmasikan itu menggunakan pin ya, nah pin ini bisa sama dengan pin ATM atau terserah kamu. Biasanya itu dibuat saat awal pembuatan akun di customer service.

Ya kira² begitulah menu² yang ada di BCA Mobile terutama untuk submenu m-BCA. Ini adalah sarana pengganti ketika saya lupa menyimpan token atau tidak bawa token, sehingga transaksi bisa terus berjalan.

Semoga sharing ini bisa membantu, untuk kalian yang memang belum menggunakan BCA untuk transaksi perbankan kalian. BCA merupakan bank swasta yang cukup canggih soal teknologi informasi dalam perbankan mereka. -cpr-

1 komentar:

  1. Kelemahannya adalah ketika simcard nya keganti sebentar saja, langsung aksesnya seperti kereset Hadi harus daftar ulang lagi. Gak asyik dan gak simpel, dari sisi safety si okelah, tapi sisi keribetan ya ribet dan mengganggu.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.