Thermometer Industri Nirkabel Raytek MT-4

Beberapa waktu lalu saya kan pernah ngepost tentang termometer industri nirkabel. Dipostingan itu saya menceritakan sedikit tentang alat serupa yang dijadikan pembanding. Nah alat itu yang mau saya sharing di sini.

Baca juga: Smart Sensor Intell Instrumen Pro

Raytek MT-4, merupakan produk keluaran dari brand Raytek. Raytek sendiri sudah punya nama di industri instrumentasi, dan kini sudah bergabung dengan brand Fluke yang sudah punya nama di industri instrumen ukur dan uji.

Ini dia Raytek MT-4 waktu baru datang diantar sama suppliernya

Raytek MT-4 ini saya beli dari distributor Raytek area Surabaya. Raytek yang sebelumnya pernah saya beli diTahun 2018 itu bentuknya ternyata masih sama dengan yang saat ini saya beli. Hanya lebih kokoh saja, karena barang baru. Unit ini dibeli dengan harga Rp 1.585.000,-

Berbeda dengan thermo gun yang saya beli sebelumnya yang dikemas dalam pack koper plastik kecil menandakan instrumen ukur, Raytek tipe ini tak dikemas demikian. Paket pembelian hanya unit thermo gun, baterai dan manual book.


Di toko online sebenarnya banyak sih yang jual Raytek MT-4 ini, tapi saya ragu untuk beli, karena harganya bervariatif, ada yang mahal dan ada yang murah. Ditakutkan ada barang palsu, seolah-olah dibuat mirip Raytek padahal palsu. Maka dari itu saya cari distributor resminya dan hari ini barangnya datang.

Raytek MT-4 memang tak secanggih fiturnya dibanding termometer nirkabel yang sebelumnya saya beli. Raytek MT-4 lebih sederhana dia hanya single menu, hanya bisa ukur suhu saja tanpa bisa disetting apapun. Ya sama dengan tipe MT-4 sebelumnya.

Namun, untuk akurasinya memang lebih stabil dan meyakinkan. Kebetulan saya beli dua unit jadi bisa memastikan kehandalan alat tersebut. Ketika datang, keduanya langsung diuji ukur suhu keluaran AC, dua alat tersebut menunjukan angka yang identik, beda naik turun derajat suhunya, wajarlah itu.


Ini dia unitnya, original product, jangan khawatir

Untuk spesifikasi Raytek MT-4 ini bisa dilihat dibawah ini:
  • Simple to use
  • Instant readings
  • Laser Point (MT4)
  • Large, easy to read display
  • Temperature Range (MT4) -18º to 400ºC (0º to 750ºF)
  • ºC or ºF selectable
  • Distance to spot: 8:1


Ini manual booknya

Raytek MT-4 ini sepertinya jadi tipe paling bawah, ada tipe diatasnya lagi. Harganya memang jauh lebih mahal. Tapi kebetulan user saya di pabrik sudah cukup membutuhkan thermometer nirkabel satu ini.


Ini waktu pembacaan ngetes bareng, ya mendekati, ini dari uji pertama kali, setelah beberapa kali tembak ke sumber suhu, angka nya mendekati identik. Awal pemakaian memang berbeda, setelah dipakai bersamaan penujukan suhu mulai identik

Jadi, untuk kehandalan jangan khawatir untuk Raytek ini ya. Jadi kalau mau beli, gak usah khawatir. Berbeda dengan thermometer industrial lain dengan merk sembarang, ketika dipakai untuk menguji suhu badan, hasilnya pasti kacau. Tapi untuk Raytek ini oke, sesuai.

Segitu saja deh sharing saya, tidak banyak yang bisa saya bagikan, ini rasanya cukup ya. Karena ketika saya hunting di Google, jarang ada juga yang membahas Raytek MT-4. Kalau di YouTube sih banyak.

Sampai jumpa lagi dicatatan lain, tentang apa yang saya beli, baik punya pribadi maupun barang milik orang, sekedar jadi catatan bahwa pernah beli barang ini. Baiklah, semoga bisa membantu. Bye. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.