Thermohygrometer HTC-01

Saya mau sharing lagi, biasa baru belanja² kebutuhan kerjaan. Kali ini thermohygrometer desk. Iya thermohygrometer yang digunakan untuk pengukur suhu dan kelembaban ruangan. Saya gak tau, kenapa alat ukur ini dijual sangat murah. Untuk akurasinya saya memang agak meragukan, tapi plus minus bisa sih dipakai.

Sebelumnya saya juga pernah beli barang sejenis dengan model berbeda, selama ini sudah berjalan lama alat ini masih bisa dipercaya untuk mengukur suhu dan kelembaban sih.


Baca juga: Digital Thermometer Hygrometer CJ-3305F


Kali ini thermohygrometer yang saya beli itu adalah HTC-01. Tipe HTC ini ada dua, tipe lainnya adalah HTC-02. Pembedanya hanya HTC-02 itu punya pengukur suhu outdoor. Jadi ada sensor kabel yang bisa ditempatkan di luar. Membandingkan suhu di dalam dan di luar.


Seperti apa spesifikasinya?

Temp. measurement ada dirange -10°C ~ + 50°C. Akurasinya sendiri berada diangka +- 2°C. Humidity rangenya berada dikisaran 10% - 99% RH. Akurasi humidity berada diangka 10% RH.

Kebetulan saya membeli tiga unit, jadi saya bisa kompare ketiganya. Namun sayang dalam paket pembelian untuk salah satunya ada yang dapat baterai rusak, jadinya ya gak bisa dipasangkan ke salah satu thermohygrometer tersebut. Terlihat hasil ketika dipasangkan di ruangan yang sama, angka suhu dan humidtynya ya ada plus minus, tidak menunjukan angka yang sama percis.

Sebelum pakai nantinya alat ini akan dikalibrasi sesuai standar patokan alat yang ada, untuk melihat kecenderungan alat ini sejauh apa, sehingga kita tidak salah membaca alat dengan kondisi real.

Alat ini didapat dari online shop, Shopee dengan kisaran harga dibawah 50K per unit, cukup murah di. Makanya ya untuk kualitas keakurasiannya perlu pengukuran ulang.

Sekian saja sharing dari saya ini. Ya setidaknya ada catatan, bahwa pernah beli alat ini. Untuk pembanding, bahwa saya pernah beli model lainnya. Sampai jumpa dicatatan lainnya. -cpr-


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.