Beli eMAS di DANA

Jaman pandemi, membuat waktu kita banyak mager, entah di rumah atau pergi keluar tapi diam di suatu tempat. Kini banyak orang melarikan dananya untuk ivestasi. Investasinya ke bentuk transaksional, seperti reksadana, pasar uang, pasar saham,indeks saham internasional, pasar minyak global hingga emas.

Semalam iseng main aplikasi Dana. Sebenarnya bukan main seperti game ya, Dana bukan aplikasi game, memang. Dana itu aplikasi dompet digital, e-money gitu. Saya sudah instal cukup lama dan bertransaksi dengan aplikasi itu. Tapi baru tahu ada fitur investasi di sana.


Investasi eMAS. Semalam saya lihat seperti apa, dan saya sukanya itu ada minimum pembelian. Jadi patokannya adalah harga emas di pasaran Indonesia saat ini. Jadi itu lebih enak untuk dipantaunya.


Dulu tahun 2010 ketika saya baru ke Jakarta, saya juga pernah bekerja singkat di perusahaan pialang berjangka, di sana mereka adalah perusahaan pengelola dana investasi, salah satu produknya ya investasi emas. Hanya saja, harga emas yang digunakan adalah harga emas dunia, troy ons. Kemudian minim transaksinya ratusan juta.


Ketika ada kemudahan transaksi investasi, saya pikir seru juga mencoba dari hal kecil ini.


Saya coba transaksikan dengan membeli emas dari paling kecil 0,03 gram dengan Rp 26.187,- dengan harga beli saat itu. Dari dana itu bisa saya transaksikan ke depannya, melihat pasar emas, entah naik atau turun.

Konsepnya ya jelas, ketika harga turun (emas murah) kita berinvestasi membeli emas dengan harga beli (BUY GOLD). Kemudian, ketika nanti harga mas naik tinggi, tidak mungkin kita akan membeli saat harga mas tinggi, maka kita akan jual (SELL GOLD) saat harga lebih besar dari saat kita beli.

Memang selalu ada selisih antara harga jual dan beli, itu pasti, karena pasar mendesign nya seperti itu, selisih harga itu ya jadi selisih pasar (menurut saya). Dengan harga yang tertampil di atas, itu ada selisih Rp 26.187,-.

Menariknya lagi, kita bisa set dana eMAS kita nanti mau dijual atau dibeli pada tingkat harga berapa. Jadi kita bisa ambil peluang pada posisi jual atau beli.


Ini saya belum tau triknya bagaimana, tapi akan saya coba dulu, cek arus dan cek pasar emas ini seperti apa. Dengan pembelian tadi, kondisi investment saya masih pada posisi minus (negatif).Awal saya tanamkan investasi saya, saya berada diangka minus 3% krg lebih. Kemudian beberapa menit, harga pasar berubah minusnya berkurang menjadi -2,86%. Jika pasarnya positif, saya yakin bisa keangka lebih baik.

Ini capture saat awal² saya transaksi. Ke depannya, saya harus punya catatan sendiri nih, untuk mantau naik turunnya, untuk belajar mengambil peluang.

Segitu dulu catatan awal saya main² dengan investasi pasar emas. Ya berspekulasi dihal yang positif lah, daripada jalan² nambahi kasus covid-19 makin tinggi, mending bermain seperti ini. Meski nampak seperti judi, karena gambling. Tapi keputusan jual beli itu bisa dipahami dengan membaca gejolak pasar, ada ilmunya koq. Kalau judi kan ilmunya adalah #peluang.

Sampai jumpa dicatatan saya lainnya, mungkin lanjutan bahasan tentang investasi Dana eMAS ini akan saya tulis di Blog Naturality, kalau ini hanya berbagi informasi soal produk yang bisa dijual. Sampai jumpa dicatatan produk² lainnya. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.