Update Shopping on Alibaba

Masih ingat postingan saya sebelumnya tentang pengalaman saya belanja online di marketplace terbesar di China, Alibaba? Ya kalau gak ingat dan gak tau klik tautan link dibawah ini.


Saya kan ada beli sepatu sebanyak 5 pasang, dan bagaimana sih keberlanjtan pembelian itu. Kalau dihitung² waktu dari postingan saya itu sampai hari ini saya baru posting lumayan lama lho. Apa benar belanja di Alibaba memakan waktu selama itu?
 
Ilustrasi belanja online | source: mebel kayu

Sebenarnya kalau normal, saya menilai ya lama juga si. Namun yang sudah lama ini dilebih lamakan lagi oleh saya yang tak kunjung membayar biaya kirim barangnya ke ekspedisi atau kurir yang telah saya pilih itu, maklum nunggu gajian dulu.

Info terakhir belanja, tanggal 11/3 itu diinformasikan barang telah dipickup oleh kurir, intinya barang sudah ready to shipping lah. Pengiriman dilakukan melalui jalur laut.

Pada tanggal 13/4, selang sebulan saya mendapatkan WA dari CS Antara Logistik menginformasikan bahwa paket pembelian saya telah tiba di Jakarta. Mereka menanyakan mau dikirim dengan ekspedisi lokal apa? Mereka pun melampirkan info barang² yang tiba bersamaan dengan barang yang saya pesan itu.
 
Barang saya kalau dari list tabel yang dikirim itu ada dipaling bawah sekali, 'shoes'

Tanggal 15/4 saya dikirimkan invoice tagihan atas pengiriman tersebut, di dalamnya include biaya kirim dari China ke Indonesia (Jakarta) clearance tax, dll. Semua include, saya harus membayar sebesar Rp 475.183,-
 
Ini dia invoice yang saya terima, dengan inilah saya lakukan pembayaran atas tagihan pengiriman barang yang saya beli di Alibaba


Cuplikan invoice bisa dilihat di atas ya.

Lalu kemudian baru tanggal 3/5 saya melakukan pembayaran atas invoice di atas. Langsung sistem transfer ke nomor rekening yang tertera di invoice. Setelah itu dilanjutkan pembicaraan dengan kurir apa barang tersebut akan dikirim ke lokasi saya.

Nah jadi, harga yang saya bayarkan di atas tadi itu tidak include biaya kirim sampai alamat saya di sini, biaya di atas hanya biaya kirim dari lokasi penjual di China ke Indonesia, di sini adalah pelabuhan Jakarta. Setelah dari Jakarta (Gudang Antara Logistik) ke tempat kita maka harus bayar biaya kirim lagi.

Setelah saya memutuskan dengan kurir apa, barulah persiapan kirim dilakukan, tanggal 7/4 saya dikirimkan resi pengiriman Indah Kargo, sebesar Rp 55.726,-. Langsung saya transfer ke rekening dari Antara Logistik, karena biaya kirim ini ditanggung oleh mereka dulu, meskipun resinya Indah Kargo. Sepertinya Antara Logistik sudah bekerjasama dengan Indah Kargo.
 


Dari tanggal itu kalau boleh saya hitung, proses pengiriman sudah dimulai. Terhitung dari tanggal itu sampai barang itu tiba membutuhkam waktu selama beberapa hari. Pada tanggal 11/5 barang itu tiba ditangan saya, dan setelah dibongkar semuanya dalam keadaan baik.

Sedikit catatan hanya informasi, barang yang dikirim oleh seller China ini hanya dikemas dalam kemasan plastik bundel saja, tidak diberikan kardus layaknya kita membeli sepatu. Barang yang ada difoto display etalase belanja di Alibaba itu seseuai.

Berikut ini resume biaya yang dikeluarkan sejak awal pembelian sampai barang itu tiba ditangan saya. Angka ini bisa jadi perhitungan berapa harga jual sepatu² ini. Mahal atau murahnya bergantung pada ongkirnya, yang menurut saya mahal sih, walau harga barangnya ya tergolong sangat murah.


Sekian informasi pengalaman belanja online dengan marketplace Alibaba. Membutuhkan waktu yang cukup lama, kesabaran dan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu kedepan bisa jadi evaluasi untuk menekan cost biaya kirim ini, agar barang yang dijual bisa lebih murah dan margin lebih bisa untuk keuntungan.

Semoga informasi ini bisa membantu kalian² yang ingin juga belanja online di marketplace China, Alibaba. -cpr-
 
 
Resume Total Biaya
Harga sepatu untuk 5 pasang (all in biaya transfer) $18,84 (kurs Rp 14.198,-) = Rp 267.490,32 / @ Rp 53.498,064
Biaya kirim China - Jakarta, Indonesia = Rp 475.183,- / @ Rp 95.036,60
Biaya kirim Jakarta - Pandaan, Pasuruan = Rp 55.726,- / @ Rp 11.145,20
Total estimasi waktu dari transaksi awal sampai barang itu tiba: 24 Februari 2021 transaksi pembayaran, dan barang tiba 08 Mei 2021, menghabiskan waktu 2 bulan 14 hari.

Maka bisa dihitung, harga sepasang sepatu asal China yang saya order via Alibaba adalah Rp 159.679,864 atau jika dibulatkan Rp 160.000,- per pasang sepatu. Itu harga modal yang harus kembali, kalau hitung-hitung bisnis.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.