Azzahra Carwash, Pandaan

Akibat mengungsi gak jelas hari Minggu ini, saya akhirnya bingung waste time dimana. Kebetulan lihat mobil koq kotor, banyak semut di atas body, guguran dari pohon mangga deket kos dimana saya parkir. Akhirnya, walau tanggal tua, dengan kekuatan CC, saya memutuskan diri untuk nyuci mobil saja deh di car wash.

Kalau biasa saya nyuci mobil malam², kali ini berbeda, saya nyucinya siang². Di car wash baru yang saya temui dekat tempat langganan saya beli pecel, yang sekarang ini tutup.


Ini SiDat langsung parkir waiting list, sisa satu slot waiting di kirinya SiDat.

Nama tempat cucinya itu Azzahra Car Wash, lokasinya di jalur Pandaan Bangil. Persis sebelah pecel madiun yang sudah clossed down, entah kapan ada rencana buka lagi.

Perhatikan titik tag warna merah, di sana lokasi car wash yang saya ceritakan ini. Pemiliknya belum memunculkan nama usahanya di Google, jadi pencaharian by GMaps agak sulit, lihat saja patokan ini, untuk saat ini. Tidak tahu ke depannya akan muncul di GMaps nama lokasinya.

Lokasinya bisa dilihat di atas ya, screenshoot GMapsnya. Di GMapsnya belum kedetect, pemiliknya masih belum ngetag di Google untuk usahanya ini.

Di sini tidak banyak slot cucinya, hanya ada dua, sistemnya hydrolic, jadi bisa untuk cuci kolong, kemudian untuk alat² standarnya seperti vacuum cleaner mereka sedia. Ini beda dengan cucian mobil dekat kos, tarifnya memang murah Rp 20.000,- tapi ya sekedar cuci saja, eksterior dan interior hanya kebas² karpet dan cuci karpet bila perlu.

SiDat sudah diangkat, tadinya kan madep ke kiri, kemudian hydrolic berfungsi, akhirnya diputer madep ke kanan, jadi habis cuci bisa langsung cuss.

Kalau di tempat cuci saya satu lagi yang biasa nyuci malam, itu pakai tanjakan atas, jadi bisa cuci kolong hanya sistemnya beton (tanjakan) bukan hydrolic.

Ini disemprot salju, salju pink ternyata. Mobil Jazz sebelah SiDat tadi sudah selesai cuci, pindah ke sisi kanan. Terus datang lagi mobil Avanza/Xenia nyuci untuk selanjutnya.

Azzahra Car Wash ini buka sejak pukul 07:00 - 00:00. Cukup panjang waktunya untuk berusaha. Pagi ini saya tiba sekitar pukul 10:00, sudah vanyak juga yang antre. Saya menunggu 2 mobil. Karena tempatnya terbatas, yang saya bilang tadi, ya hanya 2 slot, jadi untuk area tunggunya terbatas. Misalkan 2 cuci, slot tunggunya hanya tersedia 1-2 mobil saja, kalau ada mobil lain mesti parkir di luar. Parkir di pinggir jalan gak mungkin, soalnya jalur Pandaan Bangil ini termasuk jalan yang tidak besar.

Sistem cucinya yang saya amati. Pertama ya hydrolic naik, kemudian semprot steam air untuk bagian kolong mobil, untuk buang kotoran, pasir dan tanah yang ada dibagian itu. Lalu kemudian hydrolic turun setengah, mereka semprot air ke seluruh body mobil, termasuk juga ban, spakbor. Semua disemprot dengan air bertekanan, jadi bisa rontokan pasir atau kotoran menempel.

Setelah pembilasan dilakukan, hydrolic turun ke level rendah, dilakukan proses penyabunan. Selanjutnya ya proses pengeringan, cleaning (semprot salju), pembilasan, dan pengeringan.

Untuk ruang tunggu ya lumayan luas, ada kursi² kayu, colokan listrik ada sih buat cas tapi terbatas. Kemudian ada juga kantin kecil, bisa pesan minum ya sebatas kopi biasa okelah, air mineral juga jual.

Ini dia tempat tunggunya, itu loket bayar dan pesan minuman ke situ.

Luas kan? Itu lihat kipas angin yang membuat adem silir angin, jadi bikin ngantuk.

Untuk waktu tunggu ya menurut saya standar pencucian mobil bagaimana lah, normal. Dengan ruang tunggu yang seperti di atas saya infokan, ya masih oke juga nunggu. Untuk kenyamanan di sini dikasi kipas angin.

Untuk harga sekali cuci itu adalah Rp 40.000,- untuk mobil kecil yang saya pakai, SiDat. Mahal atau murah? Di langganan saya cuci malam itu segitu awalnya 35K, tapi cuci yang terakhir itu harga naik menjadi 40K, agak keberatan juga sih. Kecuali mobil besar, sekelas Avanza atau Terios atau Rush ke atas ya okelah segitu. Ternyata di sini ya sama segitu, berarti ya pasaran cucian mobil tarifnya segitu.

Btw, di sini gak cuma mobil saja lho yang dicuci, motor juga dicuci lho. Harga untuk cuci motor adalah Rp 10.000,-.

Begitulah kira² catatan saya, review nyobain tempat cucian mobil yang baru. Bisa jadi rekomendasi, ketika gabut siang², mau waste time bisa waster time sambil buang duit, mobil dicuciin dan bersih. Sampai jumpa dicatatan berikutnya, tentang hal lainnya lagi. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.