Bikin Cake Made in Dewe: Oreo Cake Strawberry Chocolate

Kali ini saya mencoba membuat lagi cake hasil buatan tangan sendiri. Kali ini saya buat untuk buah tangan menengok saudara yang lagi sakit.

Masih menggunakan cara dan teknik serupa tapi tak sama seperti pembuatan cake batch ketiga saya yang sukses. Kali ini ada yang berbeda yaitu bahan pendukungnya dan bahan utamanya, kecuali Oreo tetap. Perbedaannya dimana, mari simak pembahasannya di bawah ini.

Bahan-bahan Utama:
+ Oreo 2 bungkus (kemasan isi 14 keping)
+ Baking powder cap Koepoe² 1 sdt
+ Susu Putih siapkan 250ml saja

Bahan Pendukung:
+ Butter margarine / mentega secukupnya (digunakan untuk pelapis loyang)
+ Tepung terigu secukupnya (digunakan untuk pelapis loyang)
+ Dark chocolate untuk coklet lumer toping cake
+ Strawberry segar untuk toping cake

Ini liat bahannya beda merk saja dengan batch ketiga yang lalu pastinya mempengaruhi sedikit sih dari rasanya, bahkan ketika ngadon pun agak beda

Proses pembuatan:
1. Pisahkan keping oreo dan cream isinya.

Pisahkan cream oreo dan kepingnya terlebih dahulu. Untuk menghaluskannya saya pakai blender untuk mempersingkat waktu, kalau dihalusin manual bisa lama, untung ada blender

2. Remukan dan haluskan keping coklat oreo hingga menjadi bubuk. Kali ini saya menggunakan blender, supaya lebih praktis. Soalnya kalau pake numbuk kan berisik, apalagi saya buat batch keempat ini subuh² jam orang sahur.

3. Setelah menjadi bubuk, campurkan oreo bubuk tadi dengan baking powder, lalu aduk hingga rata. Setelah diaduk rata, tambahkan susu putih yang sudah disiapkan tadi. Kemudian aduk hingga rata sampai adonan tercampur semua.

4. Setelah tercampur semua, masukan cream isian oreo yang tadi dipisahkan, masukan ke dalam adonan, aduk hingga rata, pokoknya adonan harus kalis betul.

Adonan kalis, ready to panggang. Adonan siap panggang ketika saat mengadon seperti muncul putih², entah minyak atau apa ya, seperti ada buih tapi bukan buih, ya pokoknya gitu deh

5. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarine dan dibubuhi tepung terigu.

6. Jika adonan sudah kalis, sudah tercampur merata. Masukanlah adonan ke dalam loyang. Menandakan waktunya untuk pemanggangan.


Pada proses trial yang lalu saya lakukan menggunakan panci biasa dengan dilapisi mentega dan terigu, hasilnya sukses dan saya coba lagi sekarang.

1. Panaskan wajan lebar atau wajan crepes. Setelah suhu cukup panas.
2. Taro loyang adonan cake tadi di atas wajan crepes tadi, lalu tutup.
3. Pemasakan membutuhkan waktu 40-45 menit, dimasak dengan api kecil.
4. Cek kematangan, jika sudah matang angkat dan tiriskan.


Toping coklat cair:
1. Masukan margarin ke panci, lalu tambahkan potongan coklat blok untuk proses pencairan.
2. Siapkan panci berisi air mendidih taro panci berisi coklat blok dan margarin tadi di atas air mendidih tadi. Jadi sistem pemasakannya tidak ke api langsung, tapi menggunakan radiasi panas dari panci air mendidih dibawahnya.
3. Aduk hingga coklat meleleh dan mencair.
4. Setelah mencair, coklat siap dicampurkan menjadi toping cake.

Setelah selesai pemasakan, pindahkan ke piring saji. Balikan loyang dan taraaaa, cake oreo sudah tersaji. Tinggal siapkan toping coklat cairnya. Siram ke atas cake oreo yang sudah ditiriskan tadi.

Kemudian berikan toping tambahan, coklat tabur atau tambahan buah atau apapun sesuai selera anda. Kali ini saya tambahkan strawberry dan jadilah Oreo Cake Strawberry Chocolate siap disajikan.



Untuk penyajian kali ini saya berhasil mendapatkan dus kue untuk penempatan kue ini, jadi cakenya bisa disajikan utuh sebelum dipotong. Soalnya sewaktu pembuatan batch ketiga yang sukses lalu, saya terpaksa harus memotong cake dan menyajikannya di tepak makan. Kali ini saya sajikan dengan cara berbeda.

Resume Biaya:
$ Milk Life isi 200ml 2 bungkus @ Rp 8.000,-
$ Butter Margarine Royal Palmia 200gr 1 bungkus @ Rp 8.100,-
$ Baker's Dark Compound Chocolate 250gr 1 bungkus @ Rp 28.500,-

Nah kelihatan kan itu bedanya dimana? Ada di susu putihnya, dark chocolate, butter margarine dan tambahan strawberry untuk toping pemanis cake. Saya gunakan merk berbeda dengan pembuatan batch pertama. Ada hal lain yang berbeda yang saya coba pada pembuatan kali ini adalah penggunaan blender untuk menghaluskan Oreonya.

Susu, margarine dan coklatnya bisa dipakai 2x lah. Hanya untuk susunya perlu tambahan sedikit, karena minim² butuh 245ml.

Segitu saja deh catatan soal masak-memasak edisi buah tangan untuk yang sakit. Semoga hasilnya memuaskan seperti batch ketiga sebelumnya. Oh iya, kali ini saya sharing diblog ini, tidak di gaksukalapar.id, soalnya di sana sudah ada kesuksesan batch ketiga, giliran sini kebagian juga kesuksesan batch keempat.


Sangat mudah bukan buatnya, silakan dicoba ya. Kalau mau simpel lagi tonton videonya yang saya tautkan pada postingan sebelumnya di channel gaksukalapar.id. Kunjungi saja tautan terkait di atas, itu akan langsung kehubung dengan gaksukalapar.id, carilah di sana. -cpr-


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.