Smart Sensor Intell Instrumen Pro

Kali ini saya mau share info soal produk yang baru saya beli. Kenapa saya catatkan di sini, karena banyak sekali produk thermometer infrared untuk indutsri yang ada di pasaran, ada yang bermerk ada yang tanpa merk (merk tak terkenal).

Saya pilih produk yang ini karena spesifikasinya yang saya kira oke, sesuai kebutuhan, fiturnya okelah. Tapi bagaimana soal akurasinya? Itu yang perlu dibuktikan dengan hasil kalibrasi dan pemakaian sehari-hari.

Thermometer infrared yang digunakan untuk pengukuran suhu orang dan untuk industri berbeda, untuk industri memang didesign untuk mengukur permukaan benda, sedangkan yang untuk orang sensornya diarahkan ke permukaan kulit. Kalau menurut logika awam seharusnya harusnya sama saja, tapi ketika saya gunakan thermometer infrared industri untuk ke orang, hasil pembacaan suhunya ngaco.

Alat atau instrumen pengukur suhu nirkabel yang saya beli ini merk-nya tidak begitu jelas. Tapi ada kata yang diulang terus menerus, Smart Sensor: Intell Instruments Pro, tipe AT1350.


Instrumen pengukur suhu nirkabel ini punya spesifikasi sbb.:
Brand name : smart sensor 
Color : gray + orange 
Material : ABS plastic 
Measuring range : - 18 ~ 1350 derajat C
Accuracy : ±2%(±2°C)
Resolution : 0.1°C or 0.1°F (Repatibility : ±1% of reading or, ± 1°C
Response time : 5mSec, 95% response 
Display : LCD with switchable Backligh 
Spectral response :(8-14)um&500ms 
Emissivity : 0.10 ~ 1.00 Adjustable (preset 0.95)
Distance spot ratio : 20 : 1
Laser Type : Class II, 635nm, <1mW
Operating temperature : 0-40°C 
Operating humidity : 10-95%RH non condensing, up to 30°C(86°F)
Storage temperature : - 20 ~ 60°C 
Power supply : 1x 9V battery 

Dimensi alatnya sendiri itu ketika saya terima dan pegang itu besar, panjang dari atas ke bawah (gagang) itu 19 cm, panjang dari ujung gun ke arah display 12 cm. Meski besar alat ini tetap ringan, itu kenapa sepertinya alat ini dianggap ringkih menurut orang tertentu.

Oh iya, untuk soal akurasinya, ini data berdasarkan pembanding alat ukur suhu nirkabel lain, Raytek MT4, alat ini bukan alat baru alat yang cukup lama pengadaan sekitar tahun 2018. Berikut datanya di bawah ini:

Jika mau melihat hasil sertifikat kalibrasi alat ini bisa dilihat dibawah ini, ini bisa jadi pembanding sih sebelum membeli alat ini.

Oh iya, untuk paket pembelian yang kita peroleh adalah unit thermometer infrared, manual book, sertifikat kalibrasi awal dan box. Meskipun dipaket penjualan itu diinformasikan ada baterai, tapi saat barang tiba baterainya tidak ada, karena ekspedisi tak mengijinkan pengiriman baterai apabila pengiriman via udara, jadi baterainya tidak disertakan.

Saya beli termometer infrared ini dari market place Tokopedia dengan harga Rp 1.595.000,- itu belum sama ongkos kirim ya. Seharusnya harganya bisa dikurangi lagi sedikit, karena baterai gak dikirim.

Iya hanya itu saja sih yang bisa saya bagikan pada catatan ini, setidaknya bisa membantu bagi yang sedang cari alat ukur suhu nirkabel. Walau tidak selengkap sharing via vlog. Catatan ini juga penting untuk pengingat bagi saya, bahwa pernah beli alat seperti ini, membantu saya mengambil keputusan dilain waktu. Sekian dulu, sampai jumpa dicatatan lainnya. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.