Bibit - Aplikasi Investasi Reksadana Otomatis

Teknologi kian berkembang, kini juga merambah ke dunia investasi. Dahulu orang mau berinvestasi tidak semudah saat ini, biasanya yang mau investasi haruslah orang berduit, bos besar yang duitnya banyak. Kini anggapan itu sudah mulai luntur, siapa saja bisa berinvestasi.

Dulu investasi hanya terbatas pada usaha, tanah dan bangunan. Tapi kini investasi bisa dimudahkan dengan sensasi menabung. Tentunya beda dengan cara menabung konvensional ya.


Kini investasi dipermudah dengan aplikasi, ya untuk pengguna smartphone pasti bisa melakukannya dengan mudah lho. Banyak aplikasi penyedia jasa keuangan yang mendevelop aplikasi dibidang ini, salah satunya adalah Bibit - Investasi Reksadana Otomatis.

Saya kenal Bibit dari internet sih, melalui YouTube juga sering muncul iklannya. Ingin mencoba sejak dia mulai diiklankan, tetapi masih ragu. Sampai seseorang mengirimkan kode reveralnya kepada saya dan saya yakin untuk mencobanya.


Ini testimoni pribadi saya, yang ketika mengawali registrasinya tidaklah mudah, ada cerita tersendiri dan saya sempat dibuat kesal dengan proses registrasinya. Why?

Baik saya sharing sedikit. Karena memang saya ingin memberikan catatan untuk aplikasi Bibit pada saat registrasi ini, supaya jadi masukan ke pihak sistem registrasi verifikasi Bibit.

Jadi proses registrasi saya terhambat pada saat memasukan nomor rekening. Jadi awalnya memang saya salah, nomor rekening yang saya masukan itu tidak sesuai, ya memang ada missed soal ejaan huruf, typo, jadi nama saya yang diregistrasikan BCA ke dalam 'nama rekening' agak beda dengan yang biasa saya tulis. Alhasil proses ini dianggap tidak sesuai oleh Bibit. Oke saya terima.

Lalu saya kemudian revisi dong, dan memastikan nama dan no rekening melalui internet banking. Di sana saya sudah cocokan dan sesuai. Tapi sistem Bibit menganggap tetap tak sesuai, lagi dan lagi dan lagi, revisi terus.

Ini tampilan sewaktu saya lolos verifikasi dari Bibit, walau sebelumnya sempat berkali-kali revisi. Harus sabar dan terus follow up ke tim support Bibit

Customer Service Bibit Cekatan Merespon Itu Kelebihannya
Untungnya pada akhirnya bisa selesai juga verifikasi oleh Bibit dan ini jadi kelebihan Bibit, admin registrasinya aktif, menghubungi via email, via WA dan ada menu support yang bisa dichat di aplikasinya. Ini jalan saya untuk meluruskan masalah.

Debat sana-sini dan saya lampirkan bukti screenshoot berkali-kali untuk menjelaskan bahwa nomor rekening saya sudah sesuai kenapa masih dianggap tidak sesuai terus. Akhirnya clear, verifikasi sukses. Mudah-mudahan bukan karena paksaan karena diocehin nasabah miskin seperti saya ini.

Verifikasi registrasi berlanjut ke KSEI nah diproses ini membutuhkan waktu lagi. Lalu apa itu KSEI?

KSEI adalah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. Lembaga ini atau PT ini merupakan penjamin konsumen di pasar modal, dimana ketika ada penyedia jasa pasar model tersuspend oleh OJK maka lembaga atau PT inilah yang akan menjamin sana konsumennya.

Merupakan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di pasar modal Indonesia. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca ditautan di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Akses KSEI?


Oh iya kita balik lagi bahas soal Bibit ini. Sebelumnya ketika kita mendaftar akan diberikan pertanyaan untuk analisa resiko, jadi sistem Bibit punya sistem pintar untuk melihat analisas resiko kita dari pertanyaan yang diberikan. Di sana akan diberikan nilai.

Ini dia tampilan nilai profil resiko saya, ada di angka 6, dianggap sebagai nasabah moderat

Sistem mereka namai Robo, jadi Rekomendasi Robo saya seperti yang tertampil di atas. Bahwa nilai saya diberikan diangka 6, prosentase untuk masing-masing investasi bisa dilihat, dan angka itu bisa diubah dengan jawaban yang berbeda. Sistem akan membaca kecenderungan karakter atau perilaku investasi kita dari jawaban yang kita berikan.


Akhirnya setelah proses panjang, registrasi punselesai setelah verivikasi oleh KSEI selesai dan aplikasi Bibit bisa digunakan. Untuk lebih lanjut akan saya share di postingan lainnya.

Sembari saya mencoba-coba berinvestasi di Bibit, update selanjutnya saya akan sharing di postingan terpisah. Bersambung. -cpr-


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.