IDSpinner.com Web Plagiarsm Checker

Saya kali ini mau sharing aplikasi, hmm bukan aplikasi sih ini, basisnya web, kalau aplikasi kan sudah berbentuk program kan ya. Kalau ini murni website gitu. Saya tahu web ini kebetulan ada yang share di grup Telegram Blogger Indonesia.

Ada akun yang menawarkan web plagiarsm checker. Itu checker untuk mengecek apakah artikel kita itu mengandung plagiat atau tidak. Terkadang begini ya, masih banyak blogger yang copas murni, jadi artikel orang lain langsung dicopas secara utuh. Itu sih keterlaluan sekali, sudah gitu belagak pilon, bilang, "kenapa ya Google Adsense gak diapprove, padahal saya sudah buat artikel banyak, tapi ya copas gitu."

Hmm, itu gak ngerti atau gimana ya, tapi kalau gunakan asas praduga tak bersalah, mungkin saja memang itu blogger baru.

Meski saya belum bisa dikatakan murni tidak mencontek, tapi saya tetap memodifikasi apa yang saya lihat dan tiru. Ya ide kadang muncul dari sana, hanya kemudian lalu kita kembangkan dan sesuaikan, memang sih ada unsur menconteknya. Tapi asal masih menyertakan tautan sumber rujukan itu masih lebih baik, kalau asal klaim itu yang bisa dikomplain. Saya sendiri ya tidak murni 100% non plagiarsm, pasti ada saja salah, ya namanya manusia, mungkin perlu ada koreksi satu sama lain.


Oh iya cukup panjang lebarnya. Jadi ini saya mau sharing web yang bisa membantu mengecek plagiarsm. Meski web ini masih tahap pengembangan, sangat membutuhkan masukan dari kalian yang mungkin membaca catatan ini dan mencobanya. Tools ini murni gratis lho, yang begini ini mantab #penggilagratisan

Namanya IDSpinner.com, alamat webnya bisa klik tautan ini ya. Mudah-mudahan sih belum diganti lagi alamat webnya, kalau sudah diganti ya tautan yang saya sertakan ini tidak ada manfaatnya.



Untuk menggunakan fiturnya kalau bisa sih login dulu, bukan akun mu, tinggal Sign Up, mudah koq, praktis dan simpel, habis buat akun langsung diverifikasi via email dulu ya, baru setelah itu akun bisa dipakai.

Tampilannya ini saya suka, baru visit, lalu buat akun, dan pakai, saya langsung suka, tampilannya simpel. Ya sempet ada beberapa bug, tapi saya bingung juga menjelaskan bug nya itu dimana. Saya sudah coba mengecek beberapa catatan yang saya buat, ya hasilnya untungnya sih dari sampel yang saya pilih hasilnya 100% unique.

Di gambar kan dilihat ada 4 kotak dengan warna berbeda, saya baru bisa gunakan fitur yang warna biru dan merah saja, kalau yang kuning saya belum bisa mencobanya, gak tahu karena apa, atau memang belum diaktifkan oleh developernya kali ya. Mungkin diwaktu yang akan datang sudah bisa digunakan, saya akan mencobanya lagi.

Ada beberapa fitur yang ketika saya coba belum bisa berfungsi. Tampilannya bisa dilihat di atas ya, itu tampilan Dasboard awal setelah login.

Saya sendiri belum menyelami lebih lagi soal web tools ini, saya baru coba saja untuk mengecek beberapa paragraf catatan yang saya buat dan saya posting di beberapa blog yang saya miliki. Tapi develop web tools ini coba menjelaskan tentang apa yang mereka buat ini untuk apa, saya coba screehootkan dan saya tampilkan di bawah ini, kalian bisa baca ya.


Sebenarnya banyak sih web tools yang menawarkan cek plagiarsm seperti ini, tapi jujur saja, saya lebih suka yang sederhana dan ringan seperti ini, mungkin kedepannya jika saya sering menggunakannya, saya jadi paham juga mengenai web tools ini.

Segitu saja deh sharing saya kali ini. Mengisi waktu dikala #saderdaynight. Kalau ada yang sudah coba, ya bisa sharing di kolom komentar, mungkin ya master blogger yang sudah lihat pasti lebih pandai menilai web tools ini. Kalau saya kan hanya sebatas sharing saja, belum bisa mengupas lebih dalam. Sampai jumpa disharing lainnya. -cpr-

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama2, ya itung2 buat jadi pengingat bahwa ada tools bagus dan bermanfaat, gratis lagi.

      Hapus
  2. saya juga sering pakai tools tersebut untuk mengecek artikel dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tahunya dari grup Telegram Blogger Indonesia, jadi saya pakai karena ya tools ini asyik juga. Bermanfaat pastinya.

      Hapus
  3. tools ini sangat bermanfaat bagi kami penulis pemula karena bisa mendeteksi kata perkata dari artikel yang kita masukkan dan menulis ulang artikel unik yang bisa kita gunakan di blog kita.selain bermanfaat free lagi :) thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita sama² menemukannya dari Grup Telegram Blogger, berarti kita sama informasinya.
      Saya dapatkan juga dari sana.

      Membantu sekali sih tools ini.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.