Penipuan Massal Kah, Masa Himo Z16 Dijual Dibawah Harga Pasar

Saya memang sedang ingin meminang sepeda listrik lipat, saat ini selera saya jatuh pada Himo Z16. Belakangan saya sudah hunting sepeda ini di toko online, karena kalau di toko fisik harganya lebih mahal dan unitnya pun tidak ada.

Dari hunting, harga pasar unit Himo Z16 itu dijual dengan harga kisaran Rp 7.000.000,- sampai Rp 11.000.000,-. Entah apa yang membedakan, tapi secara umum sepeda ini dikisaran 7jt lah, itu berdasarkan reviewer Youtuber yang mereviewe sepeda listrik ini, entahlah itu yang jual 11jt menjual barang ori atau nipu, atau limited edition, padahal kalau dilihat etalasenya barangnya ya sama saja.

Namun ada yang aneh hari ini, selepas teraweh saya hunting harga sepeda listrik ini, di Shopee, koq saya menemukan kejanggalan, kenapa?

Himo Z16 dijual dibawah harga pasar, bahkan dibawah harga dimana barang ini dijual di Batam, ini agak aneh sekali dan syarat dugaan penipuan. Apalagi akun seller yang menjual juga sulit dipertanggungjawabkan.

Keanehannya adalah akun seller ini ada dari banyak daerah² di Indonesia, seperti tersebar, jadi ibaratnya kaya mau jaring korban sebanyak²nya di setiap daerah.

Jujur kalau ada yang begini bukan seneng, tapi jadi meragukan karena sangat² jarang diskon dilakukan masif di beberapa akun, biasanya itu terpusat, tapi ini menyebar. Awalnya saya kira typo, tapi setelah dicari koq akun seller yang menjual harga sepeda ini dibawah harga pasar koq makin banyak.

Bisa dilihat discreenshoot yang saya ambil untuk dokumentasi. Saya juga coba cari harga normal di Tokopedia, dan di sana tidak seaneh yang dijual akun² seller yang di Shopee. Saya semakin menilai negatif ini adalah peniupuan massal. Apa benar begitu? Adakah kira² yang bisa jelaskan fenomena ini.

Saya mencoba mengirimkan chat ke seller tersebut, mau tahu responnya seperti apa. Ada seller yang menggunakan penjawab pesan otomatis, ya biasalah bahasa meyakinkan pembeli, tapi jelas saya menilai aneh.

Seperti ketika ada barang ORI dijual dibawah harga pasar dan seperti meyakinkan sekali, itu patut dijadikan alarm waspada penipuan. Karena modus seperti ini sudah sering dilakukan dan setiap kali dilakukan selalu bisa menjaring korban yang mau ditipu. Kemungkinannya adalah barang refurbish, barang palsu, atau bahkan penipu sama sekali, hanya sekedar menghimpun duit untuk lalu dibawa kabur.

Saya hanya ingin share saja keanehan ini, jika memang ini benar ya berarti saya yang kurang beruntung saja. Tapi daripada gambling, tergiur 'tipuan' semacam ini, daripada rugi mending nonton saja dari jauh. Pada masanya jika nanti saatnya dimampukan beli, ya geli dengan harga wajar.

Karena begini berkaca dari kasus afiliator trading yang tengah diusut, banyak yang jadi korban karena tergiur untung besar, padahal secara logika gak semudah itu "fergusso", jadi lebih baik jadi pembeli cerdas, lebih baik kecele gak dapat promo daripada makan ati kena tipu.

Sakit tahu kalau dibohongi, gak jujur, bilangnya tidak eh tapi CLBK, itu kan tragis, coba saja kalau suatu saat karmanya berbalik, hmm gimana ya rasanya. #mikir -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.