Magicom: Miyako MCM-508 SBC

Akhirnya magicom yang ditunggu tiba juga, ini dia magicom pengganti dari magicom sebelumnya yang dipensiunkan dini karena dianggap bisa mencelakai majikannya.


Keluhan soal magicom sebelumnya bisa dibaca ditautan di atas dikolom komentar.

Kalau dibilang kerugian ya memang rugi, rugi sangat dengan pembelian magicom yang pertama, karena diluar ekspektasi karena dipikirnya seharusnya ya barang yang dijual layak dijual, tapi nyatanya #sampah.

Btw, untuk magicom pengganti ini saya jatuhkan pilihan ke merk Miyako, ya merk satu ini sudah cukup dikenal dikalangan magicom, banyak rumah tangga memakai merk ini, dari yang ukuran kecil 0,6L ; 1L ; 1,2L ; 1,8L ; 2,2L hingga 6L. Merk lain yang umum ya ada Cosmos.

Saya menjatuhkan pilihan pada Miyako MCM-508 SBC dengan pilihan warna rose gold.

Ini penampakan secara fisik magicom yang baru saya beli, agak unyu² sih, tapi gak masalah lah, saya beli ukuran yang cukup besar, harapannya bisa dipakai jangka panjang, berharap awet dan gak mengecewakan.

Apa saja yang ditawarkan dari magicom ini?

Kalau lihat dari kemasan dus box, di sana tertulis fitur thermostat yang membantu si nasi itu jadi tidak mengering ketika terus dihangatkan di dalam magicom ini, jadi menjaga nasi tetap hangat, klaim mereka adalah hastag #NasiHangat

Miyako brand yang mempunyai SNI dan ISO 9001 dari lembaga luar negeri sepertinya, harapannya ini bisa jadi jaminan kualitas sih ya untuk konsumen, supaya tak tertipu lagi seperti kasus yang saya alami dalam pembelian magicom sebelumnya.

Kemudian lagi adalah fitur antilengket, mereka menyebutnya nanoal anti lengket, pot anti lengket ini terbuat dari alumunium dan non PFOA, food grade. Pot mereka diklaim menggunakan sistem etching pada proses pelapisan anti lengketnya. Sistem etching inu menjadikan lapisan anti lengket masuk ke dalam pori² aluminium sehingga lapisan anti lengketnya merekat kuat sehingga membuatnya relatif tidak mudah mengelupas.

Ini dia klaimnya nanoal anti lengket, mari kita buktikan ketahanannya, akan saya update terus perkembangannya di kolom komentar.

Hmm, klaim ini akan kita buktikan seiring pemakaian, saya catat baik soal ini.

Ini sedikit menambah ilmu pengetahuan, tadi itu disebut "non PFOA", apa sih itu? PFOA itu singkatan dari perfluorooctanoic acid. Merupakan senyawa bahan kimia buatan yang termasuk kelas bahan kimia perfluorinated compound (PFC). Sering dipakai dalam proses pembuatan bahan teflon berbahaya.

Ini dokumentasi pot awal sebelum pemakaian, nanti seiring waktu bisa kita bandingkan berapa lama pemakaian jadi seperti apa pada akhirnya. Penulis akan berhati² dalam mencucinya, saran soal nyuci beras diwadah terpisah pasti penulis lakukan. Dengan menuruti rekomendasi seberapa kuatkah daya tahannya?

Jika ingin lebih memahami informasi soal yang saya bahas di atas bisa baca artikel tautan di bawah ini.


Untuk spesifikasi magicom ini dari sisi elektrikal bisa dilihat di bawah ini rinciannya:
# Voltase 220Vac ~ 50Hz
# Daya penanak nasi 395 watt
# Daya menghangatkan 77 watt
# Kapasitas 1,8L untuk ukuran pot
# Kapasitas penghangat 5,0L

Elemen panas bagian dalam, itu bagian ongol² yang kaya puser bodong entah kenapa koq dia agak menonjol ya, waktu datang gak begitu, tapi pas mau pakai koq jadi 'bodong' menongol begitu, tapi aman² saja sih, beras bisa dimasak jadi nasi dengan magicom ini.

Sama seperti catatan untuk perlakuan pot anti lengket, merk Miyako ini juga tidak menyarankan mencuci beras di dalam pot anti lengket, sehingga cucilah beras di wadah lain.

Hal yang sama saya lakuka di pot magicom merk sebelumnya dan hasilnya sama saja, pada akhirnya pun anti lengketnya rusak dan akhirnya karat dan termakan oleh saya selama ini, +- 6 bulan pemakaian.

Tinggal kita buktikan!

Sekedar informasi, magicom ini saya beli di Shopee dengan harga Rp 223.000,- mahal? Ya segitulah mungkin harga pasaran yang saya temukan ketika sebelum membeli. Saya memilih yang ini karena alasan tadi ada fitur thermostat dan non PFOA, yang mana harapannya anti lengketnya lebih baik dan lebih aman, walau memang tidak ada jaminan, tapi setidaknya saya beli merk Miyako yang mana produksinya sudah tersertifikasi ISO.

Mengenai testimoni produk ini akan saya bagikan seperti biasa di kolom komentar, jika sejauh itu tidak ada komentar ya berarti alat ini berfungsi baik, jika ada komentar negatif jelas berarti memang alat ini diluar ekspektasi.

Ini dia nasi pertama yang saya masak dengan magicom ini, hasilnya pulen, ya lebih baik daripada pertama kali saya masak dengan magicom yang pembelian awal.

Sekian dulu catatan saya kali ini, semoga ini bisa jadi catatan referensi kalian² kalau mau beli magicom, terutama magicom dari brand Miyako. Sampai jumpa dicatatan saya lainnya, tentang produk² yang saya beli. -cpr-

4 komentar:

  1. Ternyata di rumah Cirebon itu pakai magicom produk dari Miyako juga, hanya dengan tipe berbeda, tipenya adalah MCM-18 BH

    BalasHapus
  2. Sampai hari ini belum ada komplain, masih oke dan baik, mantabs gak mengecewakan sih sejauh ini.

    BalasHapus
  3. Sampai saat ini belum ada mengecewakan, justru saya senang masak nasi bisa setiap saat, karena ketika mencuci pot nya tidak makan waktu lama, kalau dulu itu harus merendam dulu, supaya lengketan nasinya hilang, kalau ini cukup dengan sabun cuci piring lengketan lepas dan mudah mencucinya. The best lah untuk saat ini. Tidak mengecewakan!

    BalasHapus
  4. Per tanggal 30 Juni 2023, Magicom ini dinyatakan mati total gak bisa digunakan. Saya belum mencoba membawanya ke tukang servis, saya juga lupa itu garansinya dimana saja.

    Jadi sebelum rusak, ditandai dengan saat masak nasi itu nasinya mengerak seperti wadah potnya, jadi itu seperti masak nasi Karak/kerak gitu, atau masak nasi liwet tapi pantat nasi yang bersinggungan dengan pancinya gosong gitu.

    Keesokan harinya pas saya mau masak, eh mati total gak nyala sama sekali #selemahitukahmiyako

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.