Cari Kelapa Ijo Obat di Pandaan

Kelapa hijau obat sejak lama dikenal sebagai penawar racun alami. Orang kenal kelapa hijau atau ijo ini sebagai kelapa obat, dia berbeda dengan jenis kelapa lain.

Tidak banyak yang menjual kelapa obat ini, dan kalau pun ada kadang ya penjual suka nakal, bilang itu kelapa obat, tapi padahal bukan. Kita harus tahu apa ciri² dari kelapa obat ini.

Ciri² kelapa obat atau ijo antara lain:
# Warna luarnya memang tak selalu hijau, ada agak kekuningan, kecoklatan, hingga krem. Namun yang umum kehijauan.
# Setelah dibelah kulit warna luar tadi, nampak warna kemerahan, cenderung pink.

Kebetulan saya saat ini kan stay di Pandaan, nah kira² dimana ya mencari kelapa ijo ini? Hunting² tanya teman sana-sini, akhirnya diinfo kalau di dekat Pasar Pandaan itu ada dijual. Tepatnya jika dari arah Jl. Stadion/ Patimura (setelah melewati stadion), ketemu perempatan kecil tanpa lampu merah. Kemudian maju sedikit, di sebelah kanan ada gapura masuk Pasar Pandaan, maju sedikit lagi kiri jalan ada penjual kelapa, seperti dokumentasi di bawah ini.

Di sana ada jual kelapa biasa dan kelapa ijo obat. Ada dua varian, yaitu ukuran besar dijual Rp 30.000,- per butir dan ukuran kecil dijual Rp 25.000,-.

Berbeda dengan kelapa biasa, kelapa ijo obat ini sedikit daging buahnya. Jadi jangan berharap dagingnya, karena relatif tipis sekali bahkan tidak ada.

Saya sengaja share di sini karena ketika saya butuh tidak menemukan di Google. Makanya ini saya tulis dan save diblog supaya terindeks dan ketika ada yang butuh bisa menemukannya. Dan jika nanti saya menemukannya di tempat lain, masih di sekitaran Pandaan akan saya share lagi informasinya.

Segitu dulu deh sharing informasi yang bisa saya bagikan, semoga bisa membantu. -cpr-

2 komentar:

  1. Semalam saya beli lagi yang 30K, buahnya lebih besar dan ada daging kelapanya

    BalasHapus
  2. Hari ini saya coba beli lagi di sini dan harganya masih sama, yang kecil dihargai 25K dan yang besar 30K.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.