Pengalaman ke Poli Gigi di Klinik Pratama Sebelas Medika, Probolinggo (Bagian 1)

Mau cuti pulang ke Cirebon perlu waktu panjang karena jaraknya yang cukup jauh, dari Pasuruan ke Cirebon. Belum lagi PPKM masih berlaku. Butuh dana yang gak sedikit pula. Tujuan pulang salah satunya adalah ke klinik gigi.

Kebetulan ada teman yang menyarankan ada klinik gigi yang biayanya gak mahal. Lokasinya ya lumayan sih dari Pasuruan, tetapi tidak sejauh ke Cirebon, yakni ke Probolinggo. Akhirnya ya saya putuskan ke sana.

Atur schedule dan berangkatlah saya ke Probolinggo. Klinik yang saya maksud adalah Klinik Pratama Sebelas, Probolinggo. Klinik ini merupakan klinik yang dikelola BUMN PTPN.

Kliniknya tidaklah besar, kecil sih kalau boleh saya bilang. Tiba di parkiran yang tidak luas, saya langsung ke tempat cuci tangan, lalu ke loket informasi.

Sampai di sana, cek pendaftaran, sebelumnya saya sudah didaftarkan oleh temannya teman saya. Jadi ke sini tinggal konfirmasi. Sampai di sana disampaikan jika mau periksa di poli gigi ini harus swab terlebih dulu.

Jiah, gak diinfo. Alhasil ya saya swablah, kebetulan di klinik ini bisa swab. Biayanya Rp 80.000,- okelah masih terjangkau. Saya tak ambil pusing saya positif apa tidak nantinya. Karena kan tidak tahu saya otg atau tidak. Jadi sambil menunggu hasil swab, saya membuat catatan ini.

*-*

Hasil swab keluar dan taraaa, hasilnya adalah NEGATIF.

Ini merupakan kali kedua saya melakukan test swab antigen. Sebelumnya bisa dibaca dicatatan saya yang lain.


Kondisi kesehatan saya sendiri sebenarnya stabil dan baik² saja, nyeri² di dada ya memang sudah terjadi sebelumnya. Entah itu karena apa. Yang jelas jika itu karena covid19, saya mungkin sudah end beberapa waktu lalu.

Tapi saya masih yakin hasilnya negatif sih, soalnya begini, yang masih mengalami anosmia saja, ketika swab itu hasilnya negatif, beberapa teman saya mengalami itu dan fixed hasilnya negatif, meski mengalami gejala covid19 ringan.


Kita kembali ke topic ya. Alasan saya datang ke sini adalah soal publikasi informasi dari klinik ini, dimana biaya untuk reparasi atau ganti gigi tiruan itu relatif murah. Tentunya ini di fasilitas kesehatan resmi.

Dari papan informasi itu, saya mau membuktikannya, jauh² ke Probolinggo. Ini untuk misi ini, misi masa depan, untuk memperbaiki penampilan. Ya bagian ini adalah garda depan, karena ketika kita berbicara, bagian ini jadi penting. Saya kurang percaya diri di bagian ini, membuat relatif insecure.

Setelah hasil swab keluar, saya menunggu instruksi selanjutnya. Untung saja di sini tak begitu ramai, ya cukup kondusif untuk suasana pagi ini.

Sekitar 07:55 saya sudah masuk ke ruangan periksa dan praktek. Di sana, saya langsung konsultasi maksud kedatangan saya. Kemudian dokter memeriksakan kondisi gigi saya terlebih dahulu.

Di sinilah ketakutan saya dengan dokter gigi sirna. Saya bertemu dokter dan klinik yang tepat, walau relatif jauh perjalanan ke sini.

Dokter memeriksa dan memberikan masukan dengan baik, dia bisa mengalihkan rasa takut saya. Memang sakit ketika disuntik, tapi beliau ini pintar mengalihkan, meski sakit tidak sekali, tapi memang sakit, tapi dokter tidak membohongi, gak sakit koq, tapi tidak juga menakuti.

Alhasil, dari rekomendasinya dan ini juga memang rekomendasi dari mantri gigi yang pernah menangani saya dulu di Cirebon, menyarankan memang cabut gigi yang sudah tak layak, untuk digantikan gigi 'pengganti'. Hari ini dieksekusilah.

Rencana hanya cabut 1, jadi cabut 3 buah. Masih ada 1 gigi lagi yang perlu dicabut dan setelah itu akan digantikan. Semoga semua berjalan lancar.

Sakit? Ya agak gimana gitu, tapi tak sesakit waktu cabut gigi jaman dulu, sewaktu pertama kali pasang gigi. Kali ini jauh lebih smooth. Dan paradigma saya tentang dokter gigi yang menakutkan sirna hari ini.

Total biaya yang saya keluarkan hari ini untuk cabut 3 gigi tadi adalah sbb., ini rincian dari struk pembayaran sebesar Rp 460.000,- (include obat pereda rasa nyeri):
# Swabtest antigen Rp 80.000,-
# Karcis Rp 5.000,- (pendaftaran)
# Cabut gigi @Rp 100.000,- (3 gigi)
# Mefinter 500mg 8 pcs Rp 25.632,-
# Fibumin 500mg 7pcs Rp 43.560,-
# Jarum no.26G  Rp 726,-
# Pehacain inj 20x2ml Rp 5.062,-

Ini catatan akan bersambung pada kesempatan berikutnya. Catatan ini bisa jadi referensi yang mau coba pasang, periksa atau cabut gigi di klinik ini. Semoga bisa membantu. -cpr-

To be continued

2 komentar:

  1. Kalau di klinik ini ada layanan perawatan akar gigi tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada ya, karena ini klinik gigi

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.