Kompor Gas Portable 2in1 Sanex

Saya kini mulai mengumpulkan perabotan yang awalnya tidak akan saya lakukan, alasannya adalah terhimpit ekonomi, dimana saya harus berhemat caranya dengan masak sendiri. Setelah sebelumnya berhasil mendatangkan magicom, kali ini saya mendatangkan kompor gas portabel.

Selain akan digunakan untuk masak sendiri, saya juga akan gunakan ini untuk mobile, ketika acara camp atau trip touring wisata. Masak dialam bebas gitu.

Kompor gas yang saya datangkan ini bermerk Sanex, Kompor Gas 2in1 Sanken. Dimana kelebihan kompor gas ini bisa menggunakan gas tabung portable 200-230gr dan bisa juga menggunakan tabung gas LPG melon 3kg.

Menarik ini, karena saya tidak perlu beli kompor gas umum, pakai yang ini bisa saya manfaatkan, sehingga lebih irit untuk ke depannya.

Sanex 2in1 Kompor Gas Portable (merah)di Tokopedia dengan harga Rp 161.700,- total dengan ongkos kirim jadi Rp 200.500,-. Kebetulan saya beli tanpa mengeluarkan dana sepeser pun karena ada tabungan TokoPoints.

Ini merupakan kompor gas portable ketiga yang pernah saya beli. Yang pembelian pertama itu sudah rusak karena pemakaian, kalau gak salah saya bawa pulang dan ditinggal. Yang kedua itu masih baik, saya tinggal di tempat mantan (ups, urusan pribadi).

Kompor gas ketiga ini menurut saya ya tak sekokoh dengan dua kompor sebelumnya yang pernah saya gunakan, meski begitu masih layak digunakan. Kompor yang ini untuk tungkunya itu sudah diberikan penahan angin, jadi bisa digunakan di outdoor.

Untuk knop pemantik apinya, saya agak gak yakin bisa bertahan lama untuk pemakaian beberapa tahun ke depan, jika pemakaiannya intens. Jika pemakaian jarang² saya pikir akan awet.

Btw pembelian kompor ini ternyata disertai manual book (selembar kertas) dan lembaran 'kartu' garansi. Hmm, saya kira hanya elektronik saja yang punya garansi, ternyata mekanikal rumah tangga begini ada garansinya juga.

Spesifikasi kompor ini yang tertulis dimanual book adalah sebagai berikut di bawah ini.
Merk: Sanex
Type: SN-883
Ukuran: 285 x 285 x 88 mm
Berat: 1,21 kg
Asupan panas: 1,8 kW
Tekanan gas: 200 mm H²O
Made in: Indonesia

Untuk kompor gas portable ini bisa menggunakan tabung gas portable kemasan 220 gr. Ada dua ukuran, kecil dan besar, ini gunakan yang besar (220 gr). Karena yang tabung kecil ada lagi untuk kompor gas kecil, biasa digunakan anak gunung.

Kemudian ada satu hal lagi, ini berlaku di semua kompor portable, saat tabung gas ada di dalam kompor, dan kondisi terpasang tepat maka kompor tidak bisa dinyalakan, itu fitur safety nya. Soalnya ada teman yang baru pakai, dengan kap tabung masih terbuka dia mencoba menyalakan tapi tak juga menyala, ketika kap tabung ditutup barulah ketika knop diputar api bisa menyala.

Ya begitu saja yang bisa saya bagikan tentang kompor portabel dari Sanex ini. Tidak hanya soal motor, Sanex juga punya kompor lho. Sekarang tinggal penilaian durability dengan seiring pemakaian, karena bagus tidaknya suatu barang tergantung dari durability ketahanannya.

Sampai jumpa dicatatan selanjutnya, tentang barang² lainnya. -cpr-

1 komentar:

  1. Setelah pemakaian sampai saat ini, jujur saja saya agak kecewa sih ya. Karena sejak awal memang saya menilai barang ini ringkih, tapi berharap tak seperti penilaian saya di awal, ternyata kenyataan memang begitu 😞

    Terbukti kompor ini sudah pernau diservis karena tuas pengunci tabung gas nya loss doll, saya servis habis 50K, postingannya saya posting di Naturality Channel.

    Nah sekarang rusak lagi dibagian yang sama, macet, dan akhirnya bengkok. Wah bener² ini kompor, tidak direkomendasikan untuk rutinitas, kompor ini hanya untuk acara senang² sesekali saja. Jujur mengecewakan sih.

    Catatan penting, jika kamu mau beli untuk harian, jangan beli kompor ini, beli kompor khusus harian, dengan regulator gas 3kg atau 12kg, jangan gunakan kompor ini untuk harian. Kompor ini ringkih sekali, sangat amat ringkih, yang ada kamu rugi, seperti yang saya alami.

    Terpaksa saya harus beli lagi kompor yang layak, dan saya gak mau percaya dengan merk² yang pendatang baru seperti di atas ini. Kompor selanjutnya saya pilih Rinai, yang sudah kawakan didunia perkomporan, walau memang tidak untuk portable.

    Mahal sedikit gak masalah asal ada jaminan ketahanan.

    Kalau pemakaian mu ya jarang², okelah pakai ini, tapi kalau sering sangat tidak direkomendasikan.


    Saya sampaikan apa adanya, jadi apa yang saya share kalau tidak ada komplain ya gak akan saya komentari, berarti produknya oke, tapi kalau dikolom komentar ada isinya ulasan seperti ini kalian wajib hati² jika masih ingin membeli, atau sudah siap dengan resiko yang mungkin terjadi.

    Suwer deh kecewa sangat, soalnya lagi masak, eh rusak, kan olahan masakan saya kebuang. Kapok².

    Saat ini saya sedang datangkan 1 unit kompor baru, merk Rinai, nanti akan saya share dan kita lihat jam terbangnya sejauh apa. #sekian

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.