Berhayal Merubah Datsun Ku

Beberapa hari lalu saya kan habis jajal LCGC lain, kebetulan LCGC seven seater dari Toyota, setelah menjajal mobil itu saya merasa Datsun yang saya miliki banyak sekali kekurangannya, terutama dari sisi fitur. Kalau soal model, subjektivitas saya sih bilang Datsun Go saya the best.

Ilustrasi, bahwa Datsun itu open minded untuk dimodifikasi, karena terlahir untuk dimodifikasi supaya makin enak dilihat dan dikendarai

Meski banyak kekurangan dari sisi fitur, seperti yang saya sudah sebutkan dipostingan lain, saya merasa Datsun saya punya kelebihan, itu yang jadi kebanggaan saya (menghibur diri). Apa saja itu?

Baca juga: Jajal LCGC Toyota Cayla

Kelebihan yang menurut saya cukup dimiliki Datsun saya saat ini antara lain:
+ AC nya dingin, ketika AC dinyalakan itu langsung dingin. Gak ribet atur kombinasi knob AC, cukup satu putaran itu kabin langsung dingin. Kita semua tahu, AC nya Datsun itu putarannya hanya ada satu knob, ada I - IV siapa, tapi saya merasakan dinginnya sama. Memang sih kalau pas diluar hujan, itu AC walau skala I jadi bikin dingin sekali.
+ Handlingnya ringan/ enteng, walau sih bikin limbung kalau manuver, tapi cukup ringan, saya suka. Konsentrasi harus full saat melaju kecepatan tinggi di tol.
+ Modelnya saya suka, cukup modif sedikit body kit sudah ganteng.
+ Nafas gearnya pas buat saya berkendara, dalam arti gigi 2 dan 3 itu cukup panjang nafasnya. Jadi untuk jalanan padat merayap, gigi 2 dan 3 sudah cukup. Kalau lancar baru ke gigi 4 dan kalau lancar banget dan pengen melaju kencang baru naik ke gigi 5.
+ Buat saya irit bahan bakar, walau sih masih standar dikisaran 1:13 sampai 1:15, kilometer per liter.
+ Posisi perseneling, walau awalnya aneh mobil koq persenelengnya di situ, tapi lama-lama saya merasa enak di situ, daripada mobil-mobil biasa, atau yang persenelengnya di atas lagi (dasbor).

Ya hanya itu sih yang buat saya masih sayang dengan Datsun ini, disamping ini mobil saya sendiri. Sejelek-jelek apa yang kita miliki, memang lebih enak ya milik sendiri.

Lalu nih, jika, seandainya, misalkan, berhayal ada dana kejutan, mobil mu ini mau dimodifikasi atau diupgrade, apa saja yang mau kamu tambahkan atas kekurangan yang ada?

Kalau boleh saya sebutkan, ada banyak yang ingin saya upgrade, ini saya bahas dari luar ke dalam ya, sebagai berikut:

$ Velg racing 15 inchi merk bebas, dengan bannya. Velg HSR RAI-S2  ring 15 inchi, ban 185 x 60 Rp 6.350.00,-
$ Camera parking. Variasi universal rear camera Rp 140.000,-
$ Camera 360. Variasi universal 350 Camera Rp 3.200.000,-
$ Fog lamp. Original fog lamp Datsun Rp 950.000,-
$ Electric spion adjustable. Rp 2.500.000,-
$ Roof rack. TJA Sporty Roof Slim Rp 535.000,- 
$ Wiper belakang. Original part Rp 500.000,-
$ Power window dan central lock otomatis. Rp 1.162.500,-
$ Head unit display touchscreen. Original Datsun Rp 2.750.000,-
$ Dasboard head unit. 
$ Sensor seat bealt. 
$ Sensor pintu
$ Peredam mesin Rp 2.200.00,-
$ Peredam karet pintu Rp 850.000,-
$ Ganti jok model elegan seat Rp 5.000.000,-
$ Pegangan dekat pintu Rp 450.000,-

Itulah dia kira-kira list yang ingin saya tambahkan jika berangan-angan Datsun Go T Active 2018 yang saya miliki ini mau diupgrade. Mungkin gak sih? Ya mungkin saja, jika ada duitnya. Total Rp 26.587.500,- hmm banyak ya, itu pun masih ada poin yang gak tercatat harganya berapa. Jadi kalau mau upgrade butuh dana yang gak sedikit.

Untuk warna dan body kit rasanya tidak usah lah, karena itu lebih ke selera, dan agak sulit membahas modifikasi yang hubungannya ke selera, soalnya biayanya gak bisa ditakar, kalau penambahan part kan masih bisa ditakar biayanya.

Baca juga: Mobil Kedua Impian #seandainya: Nissan Kick E-Power

Angkanya itu seperti cicilan mobil Nissan Kick e-power yang saya pilih sebagai mobil impian kedua. Datsun memang cocok jadi first car, karena dia memang sederhana, sehingga ketika nanti naik grade sensasinya ya benar-benar upgrade. Berbeda ketika kita punya first car sudah tinggi kastanya, makin tinggi lagi kalau punya mobil kedua pasti pengennya yang lebih lagi. Kalau anak Sultan non problemo, lha kalau rakyat jelata dari kasta sudra, bagaimana.


Begitulah kira-kira jika saya diminta berhayal untuk mengupgrade Datsun yang saya miliki. Modifikator Datsun dianggota DGCI itu banyak sekali pilihannya, anggota DGCI banyak yang memakeover Datsun mereka sekeren mungkin, saya biasa lihat di akun Facebook mereka.

Sekian dulu catatan hayalan saya. Oh iya, harga yang tertulis di atas itu harga estimasi saja ya, hasil hunting di Google, entah harga toko online atau harga estimasi. Jadi bisa saja plus minus harga realitanya. Sampai jumpa dicatatan hayalan lainnya. -cpr-

2 komentar:

  1. Yang sudah terealisasi sampai saat ini adalah headunit pakai Nakamichi dan parking camera built in headunit, postingan soal headunit Nakamichi ada terpisah.

    Ganti itu di Desember 2019.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.