Mouse Wireless "Advance Digitals" WM502

Sudah dua mouse yang saya rusakan sejak 2018, waktu itu awal tahun saya beli sebuah mouse dengan merk Genius, pada akhirnya mouse itu harus rusak karena sering terjatuh, padahal mouse itu bagus, nyaman dipakai, tapi apa boleh buat, mobilitas tinggi membuat mouse itu sering jatuh karena kerepotan jika dibawa kemana-mana. Mouse kedua itu mouse bekas, mouse kabel, itu rusak karena double click mengganggu ketika digunakan, akhirnya ya saya #eksekusi, rusaklah dia.


Nah setelah itu saya belum beli mouse lagi. Tapi kali ini saya 'terpaksa' beli mouse lagi, hanya bukan untuk saya pribadi. Saya membelikan mouse ini untuk teman saya yang mau bertugas selama seminggu di Pandaan. Mereka butuh mouse, jadi saya carikan dan belikan.

Karena mendadak, akhirnya ya cari mouse wireless seketemunya, dan saya menemukan mouse wireless ini di toko buku sekitaran Pandaan, untungnya harganya masih masuk akal lah untuk satu unitnya yaitu Rp 60.000,- (belum sama baterai), kalau beli baterainya jadi Rp 75.000,-. Seperti apa mouse yang saya beli itu?


Mouse yang saya beli ini bermerk Advance Digitals dengan tipe WM502, Black. Tipe ini punya dua warna hitam dan merah, saya beli yang hitam.



Ini pendapat saya ketika pertama kali pegang mouse ini, build in qualitynya ya pas-pasan, standarlah, terasa sekali material plastiknya kurang baik, tapi masih oke. Lalu kemudian terkesan ringkih. Mouse ini tidak pakai sistem on/off, jadi sistem otomatis. Terlihat dari slot on/off dibalik mouse yang tidak tersedia, hanya tanda saja tapi tidak ada fungsinya, jadi seperti disiapkan tapi tidak digunakan. Ibaratnya itu seperti slot panel di mobil LCGC kelas bawah, dipanel dasboard tersedia panel buat pemasangan indikator-indikator, tapi karena versi rendah panel itu tidak difungsikan, jadi seperti itulah gambarannya.

USB receivernya kalau tidak digunakan disimpan di dalam tempat baterai, ada sisi yang berlubang untuk menempatkan receiver. Coba lihat on/off nya, itu hanya dummy saja kan, karena sistemnya dibuat otomatis

Info dari penjualnya sih jika slot receivernya dicolokan ke PC atau laptop, baru mouse ini akan menyala atau berfungsi, jika slot receiver itu dicabut maka mouse akan mati jadi tidak menghabiskan daya baterai. Tapi sepertinya tidak begitu, ketika mouse ini terklik, maka otomatis akan nyala dan daya baterai pasti akan terpakai. Kondisi ini akan membuat baterai cepat habis meski jarang dipakai. Saran, jika tidak digunakan, lepas saja baterainya, memang jadi repot tapi demi penghematan.

Sebenarnya mouse ini punya fitur ultra power-saving, 3 times than ordinary mouse. Jadi mouse ini dibekali chip kelas atas, yang memungkinkan mouse ini standby selama 12 bulan, karena punya manajemen power yang baik.

Mouse ini bisa digunakan pada:
- IBM or compatible computer
- Windows 2000/ XP (64)/ Vista/ Windows 7/ Windows 8/ Windows 10
- Mac OS
- Linux
- Android
- USB port

Fitur lain yang dijual oleh mouse ini adalah:
- Wireless 2.4 GHz
- Jangkauan wireless hingga 10 meter
- DPI 600/1200/1600 (high precision)
- Ergonomic
- Garansi 1 tahun

Catatan saya sih soal garansi 1 tahun ini ya, nampaknya sih tidak begitu meyakinkan soal garansi ini. Saya yakin selama setahun pemakaian pasti normal-normal saja, kalau pun rusak masa garansinya hanya beberapa hari setelah keluar toko, soalnya toko pun mau klaim garansi terkadang repot, sebelum tentu toko beli dari distributor resmi, ya kan.

Tapi untuk mouse wireless dengan harga 60K, menurut saya masih okelah. Kalau hanya sekedar pemakaian sebagai alat bantu office dan browsing, mouse ini bisa digunakan dan tidak kalah fungsionalnya dengan mouse lain yang harganya lebih dari 100K. Jadi, worth it lah beli mouse ini. Jika pemakaiannya mobilitas tinggi, saya agak gak yakin, hindari dari terjatuh, mengingat build of qualitynya yang tak begitu bagus.

Saya hanya sekedar unboxing dan mencobanya beberapa saat memposting beberapa post blog, jadi impresi pertama ini ya oke lah. Untuk durabilitynya seperti apa ke depannya ya nanti tinggal saya tanyakan pada penggunanya. Tapi kalau penggunanya sayang sama barang, saya yakin mouse ini bisa bertahan setidaknya melewati waktu satu tahun, setidaknya bisa dilampaui lah itu. Kita lihat nanti.

Sekian catatan saya tentang produk yang baru saya coba ini, setidaknya ini penting untuk catatan saya pribadi pernah beli dan coba produk ini, dan lain waktu jika saya membutuhkan mouse, saya tak ragu lagi membelinya, tentunya jika harganya masih sama. Sampai jumpa dicatatan saya lainnya, tentang produk lainnya lagi. Bye. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.