Pesaing Trifold, Element Pikes - Single Speed

Beberapa waktu yang lalu saya pernah buat postingan tentang sepeda lipat yang jadi target saya, sepeda lipat yang benar-benar sepeda lipat, bukan sepeda lipat 'eceran', istilah yang saya gunakan untuk menyebut seli yang dijual umum dengan harga murah tapi sisi kepraktisan dari sebuah folding bike atau sepeda lipat tidak terpenuhi.


Dari beberapa merk sepeda lipat yang ada di pasaran, yang merk menengah ke bawah memang jarang yang punya produk benar-benar folding bike 'killer'. Kita semua tahu, folding bike yang asli ya sejauh ini masih jadi milik Brompton, Dahon.

Ada satu merk yang sebenarnya mendekati apa yang jadi manfaat menggunakan folding bike, yaitu soal kepraktisan dan keringkesan, merk itu yaitu United. United Trifold merupakan salah satunya yang buat saya kepincut. Soal harga jelas jauh lebih murah dari Brompton atau Dahon, tapi lebih mahal daripada sepeda lipat 'eceran'. Saya kepincut sama sepeda satu ini.

Nah, ternyata merk sepeda yang biasa jual sepeda lipat 'eceran' kini rilis produk mereka itu mirip sekali dengan United Trifold. Sepeda itu adalah Element Pikes, untuk saat ini yang rilis adalah yang single speed. Modelnya itu 11-12 lah sama Trifold.


Yang menarik adalah soal bobotnya itu hanya 12 kilogram, lalu kemudian ringkes model lipatannya sama dengan Trifold, ada rodanya jadi bisa didorong ketika mobilitas saat sepeda terlipat, tak melulu diangkat atau dijinjing. Lalu soal harganga dikisaran 4,5 juta, untuk single speed.

Jika dibandingkan dengan Trifold, dalam soal harga ya sama-sama saja, Element mencoba melihat pasar yang selama ini dimakan oleh United untuk model serupa. Dikisaran harga yang sama, kira-kira kemanakah konsumen akan memilih? Apakah ke United Trifold atau ke Element Pikes?

Kalau saya pribadi, melihat harga yang serupa ini, pilihan tentunya akan jatuh pada review, terutama soal kekuatan dari kuncian sambungan diantara lipatan atau sendi. Gampang aus atau kuat, kemudian apakah rangkanya rigid dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Jika semua itu terpenuhi, akan sangat mudah menentukan pilihan. Buat saya sih merk tidak begitu penting jika nantinya sepeda dipakai untuk sendiri, kalau buat dijual lagi lain waktu, lebih baik jatuhkan pilihan pada merk yang sudah mapan.


Lebih jelasnya tentang Pikes - single speed ini bisa lihat ditautan video youtube di atas. Sekian dulu catatan saya soal Element Pikes single speed. Kalau ada review dari yang sudah pakai unit ini akan saya tambahkan tautannya. Sampai jumpa dicatatan saya berikutnya. -cpr-

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.