Folding Bike Pasific Illution Carbon Bike 5.0 - Ebike Mode

Saya nampaknya sedang terjangkit virus folding bike alias seli alias sepeda lipat. Setelah beberapa tahun sebelumnya, virus MTB menjangkiti saya kala itu, kini virusnya bergeser ke folding bike atau sepeda yang berwujud ringkes dengan teknologi manual atau elektronik.

Sebelumnya saya memang buat postingan, bahwa saya sedang kepincut sama folding bike dari United, yaitu Trifold. Sebelumnya lagi, saya memang tertarik dengan ebike dari Xiaomi punya, tapi karena harganya cukup mahal, untuk sepeda lipat, saya pikir ulang deh.


Tapi, rasanya saya nampaknya harus membuat catatan soal folding bike elektrik Xiaomi itu, setelah saya membuat catatan ini. Why? Karena yang saya catat ini juga merupakan folding bike elektrik yang harganya justru mendekati harga motor sport.


Bagi saya, sebuah sepeda yang dihargai up 10jt tidak begitu worthed. Karena daripada mengeluarkan dana sebesar itu untuk sebuah sepeda, lebih baik melego sebuah motor, keefektifan dan keefisienan lebih baik, kalau sekedar dipakai sesekali.

Folding bike yang saya maksud dalam catatan ini adalah folding bike mewah dari Pasific. Sebelumnya saya pernah buat tulisan di Kepincut Sama United Trifold, bahwa sangat disayangkan Pasific tidak membuat seli yang meniru model atau style seli dengan harga puluhan juta Dahon, dkk. Karena, folding bike yang sejati sebenarnya auranya ada di merk yang saya sebut itu. Karena jatidiri sebuah folding bike adalah ringan, ringkes, kompak, tidak menyulitkan ketika dibawa, diangkat keluar masuk angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Saya mungkin tidak tahu, Pasific punya model folding bike yang sejati itu. Mungkin saja masih riset atau belum ada yang publikasikan. Tapi sejauh ini saya hanya tahu seli-selian yang dijual di beberapa toko sepeda. Mungkin saja begitu, ambil positifnya, karena saya masih berharap Pasific bisa jadi 'killer bike' untuk merk sepeda yang mahalnya selangit.

Pasific ternyata terjun juga ke folding bike hitech. Ya, ternyata Pasific itu punya ebike dengan konsep folding bike. Pasific menyematkan teknologi baterai atau elektrik bike ke dalam sebuah sepeda lipat. Sepeda itu bernama Pasific Illution Carbon Bike 5.0.


Pada dasarnya, konsepnya ya seli-selian, karena kalau dilihat, seli atau folding bikenya ya seperti seli yang selama ini dijual Pasific, saya menyebutnya seli 'eceran', hanya berbeda dimaterialnya yang carbon dan ditambahkan komponen penggerak elektrik. Meski materialnya karbon yang bersifat ringan dan kuat, tapi ketika sebuah folding bike ketika dilipat itu tidak memenuhi syarat "ringan, ringkes, kompak, tidak menyulitkan ketika dibawa, diangkat keluar masuk angkutan umum atau kendaraan pribadi", rasanya tidak layak disebut folding bike sejati.

Saya tidak kepincut sih dengan Pasific Illution Carbon Bike 5.0, karena harganya dan dia tidak memenuhi syarat folding bike sejati. Soal harga, informasi yang saya peroleh berkisar diharga 20jt up. Mahal buanget kan. Kalau milih folding bike hitech, lebih baik Xiaomi punya.

Seperti yang saya sebut di atas, Pasific Illution 5.0 E-Bike punya frame terbuat dari karbon, dengan ukuran 20 inchi, kemudian untuk komponen elektrikalnya, Pasific membenamkan teknologi baterai dari Bafang E-bike rear motor with Samsung Battery 36V. Sepeda lipat ini punya 7speed dari Shimano Sora SL-R3000. Disisi pengereman sudah dilengkapi hydraulic disc brake Shimano MT200.
Sebelum seri 5.0 dengan elektrik baterai, Pasific sudah mengeluarkan seri 3.0, tentunya masih sama-sama mengusung carbon frame.

Di mesin pencari Google, saya tidak banyak menemukan catatan soal Pasific Illution Carbon Bike 5.0 dan 3.0. Saya hanya menemukan ulasan ringan dari sebuah channel youtube, yang tautan videonya saya lampirkan di bawah ini.


Karena video ini pulalah saya membuat catatan ini, karena penting buat saya ketika saya membutuhkan informasi terkait sepeda ini. Pasific punya pabrik di Demak, Jawa Tengah, dari pabrik tersebut disuplailah beberapa line up sepeda bermerk Pasific ke pasar dalam negeri.


Balik lagi memang, harga menentukan kualitas. Tapi saya masih berpikiran, kualitas baik pun bisa didukung dengan harga 'bersaudara', seperti disektor smartphone, terbukti ada 'killer smartphone', yang mana bisa menyandung kedigdayaan smartphone papan atas seperti Apple dan Samsung. Bisa saja kan, di sektor persepedaan dilakukan hal yang sama. Tentunya jika si brand memelihara komunitas sebagai branding cuma-cuma.

Ya itu saja sih catatan saya soal Pasific Illution Carbon Bike 5.0. Kalau ada nanti reviewnya di Youtube soal impresion berkendara dengan sepeda itu, akan saya tautkan di sini. Tapi, dengan harga yang mahal gitu, ada gak ya yang beli lalu mereviewnya? Kita lihat nanti beberapa waktu ke depan. Sekian dulu catatan saya, jumpa lagi dicatatan tentang produk lainnya. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.