SiDat Jajan Lampu di Kasri Motor



Punya mobil itu harus siap dengan perawatannya, gak cuma asal pakai saja, minim² itu ya cuci mobil.

Belum kalau ada part yang rusak yang perlu diganti, mau gak mau ya keluar biaya untuk ganti. Apalagi rutin servis harusnya jadi kewajiban sih bagi pemilik kendaraan.

Lampu jadi bagian yang sering habis pakai, alias jadi bagian mobil yang sering diganti jika dibandingkan dengan yang lain. Kalau mobil umur sudah 5 tahun ke atas, soal kelistrikan pasti jadi PR. Untungnya SiDat mobil saya ini bukan mobil capek, jadi ya jajannya gak begitu banyak.

Beberapa bulan lalu lampu depan sebelah kiri/ kanan saya lupa, itu mati. Saya sudah tahu waktu lampu satunya mati, jadi lampu utama kalau malam yang nyala hanya 1 saja.

Saya coba pertahankan, karena kalau ganti ya harus dua² nya, supaya adil dan umur lampunya jadi sama², kan kalau ganti salah¹ ya nanti gak adil.

Eh ternyata, pas hari Kamis yang lalu, pas malam pula, pas saya lagi pergi ke daerah Malang, lampu utamanya mati. Jadi sepanjang jalan dari Pandaan - Malang PP ya gelap²an, mengandalkan lampu senja dan lampu jauh yang saya gunakan sekali-kali ketika saya butuh pencahayaan.

Beruntungnya ya tadi lampu senja masih menyala, sehingga bisa membantu menandai mobil saya terhadap mobil lain, kendaraan lain masih bisa melihat bahwa ada mobil saya melintas. Kemudian, lampu jauh masih bisa digunakan, ini saya gunakan ketika saya betul² gak bisa melihat jalanan yang gelap.

Lampu jauh meskipun menyala tidak saya gunakan terus menerus, karena kasihan kendaraan lain akan silau terganggu cahaya mobil saya ini. Untungnya perjalanan tanpa lampu ini aman, saya bisa selamat berangkat dan pulangnya.

Hari ini akhirnya saya baru bisa ke bengkel untuk mengganti kedua bohlam yang putus ini. Di Pandaan itu ada beberapa bengkel mobil yang bisa dikunjungi, Bengkel 65 Motor, Utama Motor dan Kasri Motor. Karena kedua bengkel yang saya sebut pertama tadi rame, jadi saya ke bengkel ketiga.

Sampai sana, tanya ke toko, "mau ganti lampu". Lalu kemudian diarahkan langsung ke belakang (masuk ke dalam), langsung penggantian.

Kap mesin dibuka dan lampu lama dicek, lalu gunakan lampu lama itu untuk ke toko mengganti seperti yang sama persis. Ternyata lampu yang digunakan adalah dari brand Philips.



Spesifikasi lampu yang tertulis diproduk ya sbb.:


Kemudian diberikan lah produk barunya untuk mengganti lampu yang rusak ini. Jadi kedua lampu ini rusak pada bagian lampu dekat, untuk lampu jauhnya masih berfungsi, tapi percuma juga kan, karena satu set itu harus berfungsi semua.

Harga satu lampu ini Rp 60.000,- jika beli lampunya saja, kalau include ongkos pasang jadi @Rp 50.000,-. Berhubung kedua lampu mati, maka yang perlu diganti adalah 2 buah lampu, totalnya habis Rp 100.000,-.

Proses penggantiannya ya cepat sekali, gak makan waktu lama, paling banter ya 15-20 menit saja.


Sekarang SiDat sudah kembali 'melihat' membantu saya menerangi jalan ketika malam hari, membantu penghlihatan saya yang makin buram.

Segitu saja catatan saya kali ini, sekedar menginformasikan bisa jadi catatan histori kapan ganti lampu dan kapan akan mati lagi. Karena biasanya umur lampu dihitung dari berapa jam nyalanya, dan itu dimulai dari hari ini. Kira² kapan akan mati lagi dikemudian hari, akan saya share dikolom komentar. Sampai jumpa dicatatan lainnya. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.