Whatsapp Biru / Whatsapp Plus v10.00

Aplikasi perpesanan saat ini yang cukup dikenal adalah Whatsapp, aplikasi ini mampu menggeser BBM (Blackberry Messanger) yang booming pada masanya. Setelah orang mengenal OS Android, Whatsapp jadi aplikasi chating populer hingga saat ini, baik di Indonesia maupun di dunia. Bahkan sampai ada yang melarang penggunaan aplikasi ini karena alasan keamanan data.
 
Selain Whatsapp masih ada aplikasi pesaingnya seperti Telegram, Signal dll. Tapi memang Whatsapp masih punya tempat tersendiri dipemakainya.


Saya menggunakan Whatsapp versi 2.61.2.17 update 29 Marer 2021 sampai akhirnya saya menggantinya ke Whatsapp lain. Whatsapp yang saya pakai saat ini agak berbeda dari sisi fitur, jadi fitur yang saya miliki di Whatsapp yang diinstal ke smartphone saya berbeda dengan yang umum didownload dari PlayStore.

Beberapa orang menamainya Whatsapp Biru, karena memang logonya berwarna biru, berbeda dengan aplikasi aslinya yang berwarna hijau. Tapi jika dilihat didetail teknis aplikasi tersebut, nama sebenarnya adalah WhatsApp Plus v10.00. Informasi dari aplikasi ini, diupdate terakhir 14 Februari 2021, from base v2.20.205.16.

Fiturnya cukup banyak sampai saya sendiri bingung menggunakannya. Saya hanya menggunakan apa yang saya butuhkan, fiturnya baik dari sisi menu dan design change, merubah tampilan, walpaper, mode beranda dll.

Salah satu fitur yang saya butuhkan dari WB (Whatsapp Biru) ini adalah notifikasi online disetiap kontak kita. Kalau Whatsapp biasa, setiap kali ada kontak kita yang online kita tidak mengetahuinya sampai kita membuka kontak tersebut. Sedangkan di WB, kita langsung tahu, karena muncul notifikasi bar dan ringtone seperti pesan.

Iya soalnya saya butuh untuk melihat aktivitas online seseorang, sehingga ketika saya hanya membuka satu kontak saja, ketika ada pesan dikontak yang lain saya tidak tahu.

Secara gak langsung saya bisa tahu aktivitas dari kontak² teman yang ada di Whatsapp, apakah dia sering online atau tidak kelihatan dari notifikasi itu.

Yang lainnya tak kalah penting adalah kita bisa melihat status story kontak lain tanpa mereka tahu bahwa kita sudah melihatnya, itu penting untuk yang suka stalking untuk membaca gerak-gerik.

Kemudian ada lagi fitur anti delete pesan. Whatsapp yang asli kan punya fitur hapus pesan setelah beberapa saat setelah dikirim, terkadang yang terima pesan tidak tahu pesan apa itu, ya mungkin saja itu pesan yang salah. Nah dengan aplikasi WB ini kita bisa tahu pesan yang dihapus itu.

Fitur lainnya adalah membuat centang biru atau notifikasi baca pesan ini dikondisikan ketika kita membalas pesan, baru notifikasi centang biru muncul dinotifikasi lawan chat kita. Jadi begini, ada pesan masuk ke Whatsapp kita, lalu kita baca. Jika di Whatsapp standar, notifikasi baca akan otomatis terdeteksi saat itu juga kita baca pesan. Jika di WB, bisa kita setting notif baca muncul saat kita membalas pesan, jika kita tak membalas pesan, ya dianggap masih belum terbaca pesannya.

Fitur lainnya lebih ke estetika, mengganti tampilan, memasamg walpaper untuk kontak tertentu saja, mengganti notifikasi centang biru ke macam pilihan, kemudian mengganti warna tulisan online dan banyak fitur menyenangkan lainnya.


Saya tidak bisa sebut satu per satu, namun yang jelas WB ini saya suka dan menikmati karena apa yang saya butuhkan ada di sini.

Sebenarnya ada satu kelemahan sih, yaitu soal privasi chat kita ini datanya dibawa ke server mana. Kita semua tahu, keamanan data pengguna Whatsapp terkadang diragukan oleh penggunanya, bahkan sampai Whatsapp diblokir. Itu menggunakan Whatsapp standar, lalu bagaimana keamanan penggunaan WB ini, apa akan lebih aman? Entahlah.

Biasanya saya senang berbagi suatu yang baru. Tapi untuk Whatsapp ini saya tidak bisa berbagi, saya tidak mau berbagi dan orang lain tahu tentang WB ini. Biar mereka tahu sendiri dari orang lain. Karena saya ini dapat diberi, jadi saya tidak berhak membagikannya lagi ke orang lain. Biarlah menjadi rahasia saya. Karena kalau banyak yang tahu, maka strategi saya akan mudah terbaca.

Gitu saja deh sharing dari saya, ya ini bisa jadi catatan pengingat, dilain waktu ada aplikasi chat Whatsapp yang lain dari developer berbeda.

Jika kalian pernah coba, bisa sharing dicatatan dikolom komentar ya, sehingga bisa nambah pengetahuan. Sampai jumpa dicatatan lainnya. -cpr-

6 komentar:

  1. Ada beberapa WhatsApp yang sudah di modifikasi, seperti GBWhatsApp, WhatsApp Gold, serta WhatsApp Plus.

    BalasHapus
  2. Terdapat beberapa risiko apabila anda menginstal WhatsApp MOD;

    Keamanan Privasi bisa saja terancam.
    Akun dapat di blokir.
    Membahayakan Hardware.
    Tidak dapat melakukan pembaruan melalui Google Play.
    Berisi Iklan.

    BalasHapus
  3. baru tau saya ada whatsapp biru.. cara updatenya gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Updatenya ada tersendiri, jadi ada menu khusus updatenya, jika nanti si developernya rilis update. Jadi gk bisa update dari playstore.

      Sebenarnya tidak disarankan memakai yang non official, banyak resiko. Tapi saya ambil resiko karena kebutuhan pengintaian hehehehe

      Hapus
  4. Kemarin saya dapat notifikasi pembaharuan aplikasi ini, menjadi v12.00.
    Cara mendownloadnya beda dengan app WA resmi hanya tinggal klik update, kalau ini nanti kita download dulu file mentah aplikasinya, baru setelah itu direct update. Tanpa perlu backup, itu langsung.

    BalasHapus
  5. Saat ini saya sudah update Whatsapp Biru ini ke versi 13.5, ya baru saja saya update, tapi saya belum tahu apa pembaharuannya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.