Pertama Kali Nyoba Belanja di Alibaba

Bekerja dibagian pembelian membiarkan saya belajar banyak hal. Beli² di dalam negeri itu bukan masalah, apalagi hanya sekedar antar kota, antar provinsi, itu bisa dilakukan dengan mudah. Tapi jika perdagangan internasional? Pernahkah?


Karena belum pernah coba, ini jadi tantangan saya untuk mencobanya. Tentunya saya coba dengan dana pribadi saya, kebetulan saya ada keinginan beli sepatu, saya cari di Alibaba ternyata ada sepatu yang saya inginkan, di sana dijual dengan sangat murah 3,2USD /pasang.

Saya create akun dan mulailah saya bertransaksi.Hunting barang hampir sama dengan market place yang umum ada di Indonesia, jadi gak terlalu bingung, cari berdasarkan kategori pun bisa.

Perbedaannya adalah jika market place Indonesia, kita tinggal pilih ekspedisi apa, di Alibaba ini kita disuruh mencari kurir atau fowarder sendiri. Secara umum yang saya alami seperti itu, jadi kita transaksi payment unit barang ke seller, lalu barang disiapkan, lalu kemudian kita memilih fowarder. Nanti forwarder yang kita pilih yang akan membantu pengiriman dari site seller sampai ke Indonesia dan diterima kita.

Kali ini saya sharing, saya menggunakan Antara Logistic. Untuk ini mungkin saya catatkan di catatan terpisah ya. Komunikasi saya dengan Agent Antara Logistic saya lakukan by What's app. Setelah transaksi dipastikan fixed, kita mendaftar akun ke Antara Logistic dan mendapatkan marking code yang perlu dikirimkan ke seller.


Ketika awal transaksi, sebelum kita mendapatkan forwarder, seller hanya mencantumkan harga barang total yang kita beli, setelah koordinasi forwarder, dan saya kirimkan marking code, seller baru informasikan Shipping Fee dan kita diminta melakukan payment.



Untuk payment sendiri ada beberapa pilihan, bisa dilihat digambar di atas. 

Setelah pembayaran bisa dilihat dibawah ini


Selanjutnya setelah proses bayar selesai, saya lanjut menghubungi agen kurir antar negara yang akan melanjutkan pengiriman dari gudang seller ke perwakilan kurir antar negara yang saya tunjuk, dalam hal ini Antara Logistik.

Antara Logistik membutuh invoice packing list untuk mendata, lampiran dokumen² terkait dan memperhitungan biaya kirim dan lain² terkait pengiriman ke Indonesia.


Cukup lama saya mendapatkan informasi invoice packing list dari seller. Bayangkan, transaksi terbayar selesai tanggal 24/2, saya baru dapatkan informasi invoice packing list tanggal 04/3. Paket yang dikirim ini beratnya hanya 4 kg, dimensi paket pun tidak disebutkan jelas oleh seller. Meskipun sudah ditanya beberapa kali.

Ini jadi kesulitan tersendiri, pemahaman antara kita di Indonesia yang biasa belanja online ditoko online biasanya, dengan toko online luar negeri.

Catatan ini saya tulis berkala-bertahap sesuai perkembangan. Sampai saya menuliskan update ditanggal 19/3 barang saya masih berada dalam proses pengiriman, kebetulan saya memilih moda laut, jadi wajar jika lama.

Informasi terakhir tanggal 11/3 barang baru berangkat keluar dari China melalui jalur laut. Jadi mungkin butuh waktu agak lama hingga barang tersebut tiba di Indonesia.

Untuk sementara catatan ini saya cukupkan dulu, update akan terus disampaikan sampai barang tiba ditangan saya dan sekalian unboxing dipostingan lain. Sampai jumpa diclossingan nanti. -cpr-


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.