Coffee Grinder & Maker Tumbler HS50G from H&L

Akhirnya saya menguatkan niat untuk realisasikan beli gadget satu ini. Hmm, koq diberi nama gadget sih, ya begitulah menurut saya, soalnya barang yang saya beli ini modelnya sistem cas²an, kebetulan saja fungsinya adalah sebagai coffee grinder sekaligus juga coffee maker.

Coffee makernya di sini sistemnya adalah v60 gitu jadi build in dengan grinder dan mug tumbler gitu.

Sebelumnya saya sudah punya grinder dari Kova, tapi itu grinder on the table, tidak bisa dibawa mobile. Kebutuhan saat ini saya akan lebih banyak aktivitas di luar ruangan, kebetulan juga saya bakal akan sering melakukan perjalanan jauh, saya butuh sesuatu untuk melawan kantuk, yaitu kopi.

Baca juga: Grinder Kova Sylus

Karena saya butuh buat kopi yang simpel dan praktis, akhirnya saya belilah gadget satu ini. Produknya dari Home Series: H&L Coffee Grinder & Maker Tumbler, type HS50G. Kalau bahasa Indonesianya, mug penggiling & pembuat kopi.


Saya beli di online shop, Shopee. Namun sayang sekali, pembelian saya kali ini cukup mengecewakan. Saya berpikir bahwa produk ini akan sempurna, sehingga ketika unboxing saya tidak melakukan dokumentasi first unboxing. Eh, pas dibuka ternyata 'bibir' penutup mug / tumblernya itu bocel, malah patah.

Saya mau komplen pun percuma, gak ada bukti video unboxing first time, jadi saya hanya bisa diam dan share di sini.

Link pembelian saya bagikan di link ini, kalian klik saja jika ingin membeli produk ini. Saya beli dengan harga Rp 200.980,- include ongkir dll.

Catatan, jika ingin beli, sampaikan minta tolong produk dikemas dengan baik, gunakan pengalaman saya ini untuk menyampaikan kepada seller, karena hal yang sama bisa saja terulang lagi pada kalian.


Produk yang saya beli ini kebetulan warnanya pink. Saya milih warna ini supaya terlihat beda, kalau warna silver itu sudah umum. Sejauh ini yang saya tahu hanya tersedia dua warna yakni pink dan silver stainless steel.

Berikut ini spesifikasi teknis melihat dikemasan produk ini, sbb.:
✓ Cup volume 0,29 L
✓ Coffee Bean capacity 50 gram
✓ Battery capacity 1200 mAh
✓ Full charging time 2-3 hours
✓ Filter mesh #200
✓ Filter size 149um
✓ Weight 0,9 kg


Secara fisik penampakannya produk ini seperti tumbler, tapi jika dibongkar, produk ini build grinder dan coffee maker.

Sehingga ketika dibuka akan menjadi beberapa bagian, sbb.:
✓ Top is cup (tutup tumbler)
✓ Cover *ini bisa digunakan sebagai wadah takar air panas
✓ Motor grinder
✓ Grinder *bisa diseting kehalusan bubuk kopinya dengan material keramik
✓ Filter coffee maker
✓ Mug *dengan kapasitas 0,29L


Sekedar informasi, produk ini merupakan buatan China, yang diimpor oleh PT Mentari Jasindo Sentosa.

Dalam paket pembeliannya ada apa saja sih?

$ Unit tumbler set built in grinder & coffee maker
$ Kabel charger type USB
$ Flyer introduction / petunjuk penggunaan
$ Kartu garansi


Sekedar informasi mengenai garansinya mencover apa saja sih?
✓ Garansi berlaku untuk jasa perbaikan dan Suju cadang untuk kerusakan pada pemakaian normal atau kesalahan pabrik. Tidak termasuk aksesoris dan kelengkapan yang habis terpakai (housing, kabel mesin, kipas inverter, baterai dll.)

✓ Mesin HL menjamin ketersediaan suku cadang selama masa garansi.

✓ Garansi I : garansi 3 bulan terhitung dari tanggal pembelian, gratis penggantian suku cadang untuk 1x reparasi. Exp. Date: 19 Oktober 2023

✓ Garansi II : garansi selama 2 tahun dari tanggal pembelian, pergantian suku cadang akan mendapat potongan sesuai diskon yang berlaku.

✓ Garansi III : biaya jasa servis untuk produk H&L gratis seumur hidup.


Kebetulan servis center dari produk ini ada dekat dengan tempat domisili saya, yakni di Surabaya ada, tepatnya di Ruko Klampis Megah, Blok C26, Klampis Ngasem, Kec. Sukolilo, Jawa Timur (0822-1996-1966).

Noted:
Dikartu garansi itu kan ada scan barcode, katanya kita harus daftar dulu tuh soal garansinya di website nya H&L dan via QR-Code saya coba scan, eh hasilnya seperti yang tertampil, tidak bisa.



Jadi catatan nih, garansinya gimana nih?

Saya tak habis akal, saya coba via websitenya, yang tertulis di sana https://mesinhl.com.

Hasilnya?

Berhasil, jadi kalian bisa memilih mengunjungi website nya dan daftarkan produk yang barusan dibeli ini ke websitenya, ada menu untuk mendaftarkan garansi, yang dibutuhkan ya informasi nomor barcode kartu garansi, tanggal pembelian, nama toko penjual dan foto kartu garansinya. Produk yang saya beli ini sudah terdaftar, jadi besok kalau ada kerusakan saya tinggal bawa ke servis center.


Oh ya ada beberapa catatan si waktu first time pemakaian produk ini. Jadi begini, waktu baru datang, saya unboxing lalu saya langsung mencobanya tanpa saya charger lebih dulu, soalnya indikator lampunya masih berwarna biru, tidaklah merah.


Ini saya lakukan grinder pertama dan setelah mesin mati saya buka koq masih ada biji kopi yang gagal dihaluskan.

Jadi saya pakai untuk menggrinder biji kopi dari Exelsco House Blend, saya masukan 3 sendok teh saja, lalu saya mulai menekan tombol grindernya. Proses grinder berlangsung tapi saya dengar dari suara sepertinya tidak 'sempurna' dan tiba² mesin mati, saya pikir menandakan proses grinder selesai. Tapi pas saya buka ternyata masih ada biji kopi yang tidak tergrinder, saya nyalakan lagi prosesnya dan mati lagi, indikator charger menyala merah. Hmm, saya pikir mungkin daya gak kuat butuh charger.

Akhirnya saya grinder lagi tuh, sampai akhirnya habis ini si mesin gak kuat lagi menghaluskan sisa biji kopi yang gak bisa kegiling. Ya sudah saya nilai first impresion ini dengan nilai (-), dimana cuma berapa gram saja mesin grinder gak sanggup bekerja sempurna #payah. Kita lihat setelah dicas apakah mampu, atau cuma imajinasi saja diiklan?

Akhirnya saya charger dong, ternyata ya, dicas selama 2 jam lebih, mungkin nyaris 3 jam lebih, lampu indikatornya masih saja merah. Padahal, menurut instruksi itu 2-3 jam cukup, tapi ini tidak. Hmm, hayo, ini produk baru koq sudah gak berfungsi normal?

Setelah cas ini saya belum mencobanya lagi, karena saya akan mencobanya di rumah. Saya coba itu ketika di kantor, saat saya unboxing masih di kantor.

Percobaan kedua setelah cas ini saya akan mencoba memutar bur grinder ke mode cource grinding, mungkin yang fine itu si motor gak kuat dayanya menggerakkan grinder, karena biji kopi terlalu keras dan mesin gak mampu, itu sih analisa saya ya.

Jujur saya agak under estimate terhadap produk ini walaupun review pencinta kopi menilai (+) produk ini, tapi jujur kesan pertama saya mencoba produk ini saya seperti tidak yakin dengan produk ini.

Selebihnya kalian bisa lihat proses review trial percobaan kedua setelah charger (pertama) di video YouTube yang saya bagikan di bawah ini.


Akhirnya keraguan saya terjawab, gadget ini mampu ternyata untuk menghaluskan biji kopi. Saya pakai 3 sendok teh biji kopi, digiling mungkin ya, ini kira² 2 menitan lebih lah ya. Biji kopi hancur semua dan gak ada sisa. It's work!

Jadi kesimpulannya daya baterai mempengaruhi nih sepertinya. Tinggal kita lihat, kedepannya sekali cas ini bisa berapa kali menggiling biji kopi, untuk membuat seduhan berapa cup. Saya gak akan tes durability nya langsung, saya akan lihat berdasarkan pemakaian berjalan saja nanti.

Update reviewnya akan saya bahas dikolom komentar saja ya.

Mantab deh gadget ini, rekomendasi jadi teman perjalanan, touring saat ngantuk ketika mengemudi maka istirahatlah dan buatlah secangkir kopi dengan gadget ini, it's work!

Btw, ketika habis seduh, sambil ngedit video YouTube, saya kan minum tuh, dengan kondisi mug terbuka, video edit selesai eh si kopi malah dingin. Cuma misalkan dalam kondisi tertutup, apakah bisa menahan panas cukup lama? Nantilah, jawabannya akan saya share dikolom komentar saja kalau sudah dicoba dalam pemakaian hariannya.

Sambil ngedit video, eh si kopi ud dingin aja, entah kalau tutup tumbler ya dipakai, bisa tahan berapa menit kopi panasnya ya 🤔.

Ya gitu saja sih review yang bisa saya sampaikan. Ini penilaian real saya tanpa dilebihkan atau dikurang-kurangi, apa yang saya alami ini saya sampaikan.

Jadi buat kalian yang mau beli keputusan ada ditangan kalian, bisa saja produk yang saya terima ini defect atau entah apa namanya itu, terserah kalian sebut apa, kelemahannya hanya dibocel itu. Kalau soal baterai dan indikator charger penuh atau tidaknya ini yang gak presisi, kapan dia penuh dan masih harus cas gak ada yang tahu. Patokannya diwaktu charge sesuai rekomendasi 2-3 jam, jangan lebih.

Sampai jumpa direview produk lainnya, produk yang saya beli dan memang saya butuhkan. Kesimpulannya, gadget ini berfungsi baik dan bisa jadi rekomendasi gadget teman travelling mu. Bye. -cpr-

1 komentar:

  1. Seiring pemakaian, sekali charge alat ini hanya mampu dipakai maksimal 2x grinding, karena selanjutnya ya tidak maksimal, tahu² mati sendiri padahal belum tergrinding sempurna, itu juga harus dengan gilingan kasar. Noted it!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.