Tenda for Dry Camp: UrbanWave Made ini China

Akhirnya setelah sekian lama saya bisa merealisasikan mimpi² sejak kecil, perlahan satu per satu, punya tenda sendiri.

Ini sebenarnya hanya salah¹ dari beberapa keinginan atau mimpi² yang pada saat kecil tidak bisa terealisasi kini saya bisa realisasikan. Seperti mobil, senapan angin yang dipompa, pancingan dan kali ini yang baru terealisasi adalah tenda.

Dulu ketika saya kecil, kala itu musim itu orang penjual tenda² model dom di pinggir jalan, berwarna-warni menarik perhatian. Kala itu saya masih sekolah pendidikan dasar hingga SMA. Ketika acara kemping di sekolah beberapa anak yang mampu pakai tendanya sendiri model dom itu, menarik ingin punya, tapi apa daya orang tua saya bukan orang kaya, akhirnya ya saya hanya bisa ikut tenda ramai².

Nah ketika saya sudah dewasa dan sudah bisa punya uang sendiri, saya mulai bisa memilih hobi yang saya suka, ya kemping ini. Waktu itu tendanya ya masih nyewa. Memang murah si nyewa tenda, sebenarnya gak punya tenda nyewa saja bisa koq.

Tapi ingin punya barang milik sendiri dan fasilitas sendiri, jadi kapan pun saya mau solo camp. saya gak perlu tergantung orang lain atau nyewa.

Saya selalu sampaikan disetiap kesempatan, ngecamp adalah persiapan menuju armagedon alias menuju kiamat, menuju waktu dimana kita gak lagi tinggal di rumah tapi ngegembel di alam.

Walaupun itu kan belum tentu sekarang, masa itu entah generasi kapan yang akan merasakannya, namun setidaknya saya sudah mencoba mempersiapkannya. #intermesso


Akhirnya karena saya juga persiapan untuk hidup sendirian jadi saya mencoba mencari hobi² yang bisa menyenangkan dan membuat hati lebih tentrem ayem, mengelola dendam.

Camp. ini jadi pilihan salah¹ hobi daripada yang lain. Mulailah saya mencari tenda² yang sesuai dengan kebutuhan saya. Dipilihlah tenda ini, yang diberinama UrbanWave. Saya order di Shopee. Link pembelian bisa diklik di sini.

Kalau mau coba di Tokopedia bisa klik link ini.

Awalnya saya tidak tahu kalau barang ini impor dari China, saya memilih barang ini karena kepraktisannya, karena ini adalah tenda otomatis, bukan tenda manual yang merakit sendiri. Jadi tenda ini design nya seperti mekanisme payung, tinggal tekan tuas maka terbukalah, begitu pun meringkesnya pun simpel.

Oleh karena juga kedepan kan saya bakal solo camp. makanya saya cari tenda yang simpel, dan tidak merepotkan saya ke depannya.

Sebenarnya banyak tenda otomatis yang dijual di market place, dengan harga yang jauh lebih murah. Tapi kenapa saya memilih produk ini karena alasan kualitas berdasarkan deskripsi produk, setidaknya bahan yang ditawarkan itu anti air dengan ukuran tertentu dan itu dirasa cukup. Harganya sebenarnya mahal, bahkan jika saya memilih tenda manual mungkin sudah dapat yang bagusan.

Ketika saya order ternyata barang ini statusnya adalah pre-order dan itu kemungkinan beli di China. Mungkin di China tenda tipe ini harganya separuh dari harga yang saya bayar dan bahkan bisa lebih murah.

Estimasi indennya seharusnya itu tiba di Juli 2023, ternyata bisa datang lebih cepat, ya order saya itu tanggal 19-05-2023 dan baru tiba ditangan saya tanggal 21-06-2023, sebulanan kan. Lama sekali kan, sampai saya (-) thinking kalau² barang ini tidak akan pernah sampai. Tapi ternyata gak dong, barang ini tetaplah sampai dengan selamat.

Isi tas ketika pertama kali dibuka, seperti yang kalian lihat.

Tenda yang saya beli ini, UrbanWave untuk kapasitas 2-4 orang. Yang ukuran lebih besar dari yang saya beli juga ada, koq.

Tenda ini lebih cocok untuk tenda 'kering' artinya tidak begitu cocok untuk digunakan ketika hujan, soalnya tidak double layer, kemudian banyak lubang jendela yang memungkinkan resiko air masuk dari sisi itu. Jadi tenda ini punya 4 jendela di sisi segitu kubahnya.

Setidaknya ketika saya menuliskan postingan ini saya belum mencoba untuk digunakan pada saat hujan atau saat ngecamp terus hujan badai. Jadi sementara kita abaikan situasi ini dan itu akan saya update dikolom komentar.

Secara spesifikasi, tenda ini punya dimensi lantai 215 x 215 cm, tingginya 142 cm.

Apa saja sih yang diberikan dalam paket pembelian tenda ini?

Itu dia isinya tas setelah dibongkar

✓ Tas tenda untuk menyimpan tenda dan perlengkapannya.
✓ 1 unit tenda kapasitas max 4 orang.
✓ Head cover tenda.
✓ Pasak.
✓ Tali.
✓ Lobi pole.
✓ Selebaran cara menggunakan tenda dalam bahasa China.

*tidak terdapat informasi spesifikasi teknis dari produk ini. Spesifikasi teknis hanya ditulis pada deskripsi etalase marketplace nya saja.

*Selebaran cara menggunakan tendanya pun bukan merujuk pada tenda yang saya beli, tetapi justru gambar tenda lain. Sangat tidak sesuai.

☝️sangat disayangkan sih ya, produk seperti ini harusnya dijelaskan spesifikasi detail soal material yang dipakai apa secara tertulis pada buku manual atau keterangan produk ini.

Spesifikasi material bahan yang digunakan ditenda ini dijelaskan pada deskripsi produk via gambar² saja, tapi itu kan tidak bisa dijadikan pegangan, bisa saja itu sekedar dibuat untuk meyakinkan, apa jaminanya itu spesifikasi sesuai?

Tertulis dideskripsi etalase toko, untuk market place Shopee tertulis demikian:
✓ Waterproof, Windproof and Sunscreen
✓ Silver-coated full sunscreen effectivity blocks UV raya UPF30+
✓ Flysheet top, water repellent fabricwawaterproof index PU3000MM
✓ 210T silverpolyester fabric : dyeing, waterproof¹, waterproof², 210T, 2 layer sunscreen.
✓ Koefisien tahan air akun eksternal: 2000mm (termasuk) 
✓3000mm (termasuk koefisien tahan air dari akun bawah: > 3000mm
✓ Pin: Serat kaca
✓ Bahan dasar: Oxford
✓ Akun internal: Kain tahan air
✓ Akun eksternal: Kain tahan air

*terkait bahan dasar oxford koq saya meragukan ya, soalnya full material Polyester lho. Oxfordnya saya tidak menemukannya lho.

Intinya sih begini seharusnya material spesifikasi disampaikan pada produk atau di dalam kemasan dalam bentuk label atau sejenisnya, sehingga produk yang dijual dengan harga 500rb ke atas itu lebih berharga. Kalau B aja, apa bedanya dengan tenda seharga 300K, jadi sama saja.

Kemudian, didokumentasi video itu tertulis "UrbanWave" pada tas tenda, sedangkan ini tidak. Sehingga saya jujur saja (-) thinking ini adalah produk KW, kita tahu sendiri bahwa China sangat pandai dalam hal ini.

Tidak masalah sih jika ini KW atau tiruan atau apa lah itu penyebutannya, tapi alangkah baiknya disampaikan jelas spesifikasi 'tandingannya'.

Saya belum menemukan produk original yang seperti ditampilkan pada video iklan produk ini.



Selengkapnya ketika saya nyoba pertama kali open tenda ini bisa dilihat direkam video live IG yang saya lakukan sebelumnya, klik link ini.

Mungkin ada dari kalian yang bisa menjawab prasangka (-) saya ini menjadi (+) thinking dan meyakini benar bahwa produk yang saya beli ini bukan KW atau abal², sekedar tenda biasa yang dihargai sekelas tenda yang sudah 'mapan' di dunia pertendaan.

Segitu saja deh review awal mengenai tenda ini, untuk review di lapangan ketika saya gunakan nanti akan dibahas dipostingan terpisah ya. Postingan ini hanya review awal saja ketika saya unboxing produk tenda 'otomatis' ini.

Sampai jumpa pada postingan lainnya, membahas produk² lain yang saya beli dan ingin saya bagikan untuk kalian semua, untuk jadi bahan referensi ketika mencari produk tenda camping. -cpr-

1 komentar:

  1. Masa iya baru dipakai camp pertama kali, tas tendanya bagian jahitan sudah sobek aja, jahitannya dedel. Wah² memang ini produknya payah ya, mudah²an tendanya jangan sampe ada yang dedel juga. Kalau begini, baru sekali trip sudah jebol, gimana jika saya jadikan tenda ini utama, bisa² baru beberapa kali trip sudah pensiun, apalagi kalau sudah bercampur dengan yang lain #payahah, bisa gak direkomendasikan nih kalau begini caranya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.