Hunting Tiket Travel Goes to Magelang

Tinggal di daerah tingkat kecamatan tentunya harus menyadari banyak keterbatasan fasilitas, ya terutama dari sisi moda transportasi antar daerah.

Saya tinggal di Kecamatan Pandaan, yang sebenarnya tidak terlalu terpencil, Pandaan ini punya akses tol lintas Jawa, kemudian ada terminal juga, namun ya seperti agen travel dan bus² yang melayani antar kota propinsi itu sedikit. Kalau mau lengkap harus ke Surabaya atau ke Malang atau Sidoarjo yang punya banyak perusahaan jasa travel mendirikan agen di sana.

Ilustrasi, gambar diambil dari Google

Saya ini lagi cari travel tujuan Magelang. Karena di Pandaan gak ada, jadi mulailah saya hunting mencari agen yang sesuai tujuan saya.

Google jadi tools membantu saya mencari agen travel yang saya butuhkan. Tapi balik lagi tetap saja kita harus selektif, nampaknya ketika kita mengetik kata kunci di Google, banyak itu trayek yang kita cari. Namun pas kita hubungi ya belum tentu, iklan di Google terkadang lengkap, tapi realita nya harus dicek dan ditanyakan.

Beberapa saya kena prank, di sana tertulis trayeknya ternyata tidak. Hmm, ya mau marah gimana, tapi ya mungkin ada hal² yang kita gak tahu. Bisa saja dulu memang melayani, tapi sekarang sudah tidak.

Bisa dilihat, kata kunci yang diketik, dan yang muncul. Pencarian yang muncul teratas lah yang kemudian saya jadikan acuan untuk pencarian informasi yang saya butuhkan.





Dari beberapa info yang muncul kemudian saya hubungi via chat WhatsApp, sesuai kontak yang disediakan oleh agen travelnya.

Rara Travel
Ini salah¹ agen travel yang melayani trayek ke Magelang dari Malang. Informasi yang bisa saya himpun dari agen travel ini tidak banyak, berdasarkan hasil chat dengan agen travel ini tidak banyak informasi.


Ybs. hanya menginformasikan jam keberangkatan, untuk soal tiketnya berapa pun belum diinformasikan, jadi ya masih menunggu update selanjutnya.

Informasi tambahan, kalau untuk keberangkatan itu jam 19:00, tapi entah titik jemputnya dimana, tidak dijelaskan lebih lanjut karena sepertinya pic nya tidak begitu baik dalam mengenalkan usaha travelnya.

Terakhir informasi yang bisa saya peroleh terkait harga tiketnya itu adalah Rp 450.000,- wow mahal sekali bukan itu untuk sekali berangkat lho. Ini seperti charter mobil pribadi satu hari.


Harga segitu tidak diberitahukan fasilitas dan kendaraan apa yang digunakan. Sebenarnya untuk agen travel lain pun minim informasi yang disampaikan. Alhasil ya saya menyampaikan apa yang saya peroleh saja ya, jika ada yang kurang² ya coba hubungi saja nomornya sendiri.


Rahayu Travel
Agen travel lainnya yang berhasil saya temukan adalah Rahayu Travel, beroperasi di Malang. Agen satu ini lebih banyak menginformasikan informasi yang dibutuhkan dari hasil komunikasi chat dengan pic ybs.


Keberangkatan dari Malang, jadwalnya yaitu jam 18:00 atau 19:00, titik start awal di Taspen Arjosari, Malang.

Jadi untuk calon penumpang yang diluar lokasi (baca: Malang) ya kalau bisa ya titik penjemputan ya pertama di sana.

Untuk estimasi tiba di Magelang itu sekitar jam 06:00 atau 07:00 pagi.

Oh ya untuk keberangkatan sebaliknya dari Magelang itu sekitar jam 17:00.


Secara umum, hasil komunikasi dengan agen travel ini bisa dilihat dari SC yang saya lampirkan pada postingan ini.


Anoms Travel
Agen travel lainnya yang saya temukan adalah Anoms Travel, ini yang saya ter-prank dari Google, informasinya rutenya ada, tapi pas dichat ke pic agen ternyata belum ada rute tersebut.



Yang dimaksud adalah Pasuruan - Magelang PP. Ternyata yang dimaksud, rute mereka yang tersedia adalah Surabaya - Yogyakarta PP. Tapi entah lewat Magelang atau tidak rute yang mereka lalui. Informasinya mereka via Solo/ Klaten, jadi tidak lewat Magelang.

Mengenai informasi tiket dan jadwal keberangkatan ini tidak banyak informasi yang bisa saya peroleh. Lalu soal start keberangkatan dari mana untuk calon penumpang yang bukan domisili Surabaya, tidak ada informasi jelas soal itu.


Ya begitulah kira² informasi soal travel tujuan Magelang yang saya temukan. Saya sepertinya sudah bisa memahami secara umum tidak banyak pilihan untuk travel trayek ke sana. Soalnya memang tidak banyak juga iklan atau informasi di Google.

Kalau pun ada terposting di Google, mungkin saja tidak berada pada list teratas pencarian. Ya seperti postingan ini tentunya tidak akan mungkin muncul pada pencarian teratas. Padahal di sini saya menginformasikan terkait beberapa pilihan agen travel tujuan Magelang.

Review selanjutnya soal agen travel manakah yang nantinya akan saya gunakan akan saya share dipostingan terpisah. Saya akan review bahasan tersendiri.

So, ini peluang untuk usaha agensi travel?

Perlu dilihat lebih lanjut apakah trayek tujuan ke sana itu memang tinggi atau tidak, atau hanya orang² seperti saya ini yang kebetulan lagi ada misi khusus menuju Magelang.

Sampai jumpa dipostingan berikutnya ... ciao. -cpr-

1 komentar:

  1. Pada akhirnya saya memutuskan untuk single trip mengemudi sendiri dengan kendaaraan pribadi, tanggal 16-17 Agustus 2023 yang lalu. Catatan trip saya waktu itu bisa dibaca diblog saya yang lain ya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.