Baygon: Obat Nyamuk Bakar

Obat nyamuk bakar ini mengingatkan jaman saya masih kecil tahun 1990an, ketika saya masih kecil untuk ngusir nyamuk obat nyamuk bakar jadi primadona.

Memang kala itu obat nyamuk semprot yang spray juga sudah ada. Tapi di desa², perkampungan, obat nyamuk bakar lebih jadi pilihan. Sangat khas sekali ketika malam kita mencium aroma obat nyamuk bakar, sambil ditemani suara serangga malam.

Seiring waktu  ada juga  produk spray lotion anti nyamuk. Hanya saja saya tidak begitu suka, karena bikin lengket dikulit dan buat gak nyaman ketika tidur, baunya terlalu menyengat, kemudian ketika kulit ada luka jadi bikin perih.

Alhasil saya kepikiran untuk kembali nostalgia, pakai obat nyamuk bakar lagi.

Saya pikir sudah gak ada ya, ternyata masih ada lho obat nyamuk bakar. Merk yang saya temukan ya masih sama, Baygon. Masih jadi merk obat nyamuk yang settle sampai saat ini.

Kemasannya bisa dilihat digambar yang saya dokumentasikan. Kemasannya kotak, dengan dua yang tidak begitu tebal, cenderung mudah pesok ketika tertekan.


Obat nyamuk bakar ini dalam kemasan ini berisi 10 pcs, dengan kombinasi @2 x 5. Karena bentuknya melingkar, jadi satu set terdiri dari dua lingkaran obat nyamuk, jadi ada 5 pasang. Berat bersihnya adalah 150 gram untuk kemasan yang saya beli ini.

Baygon mengklaim produknya mampu memberikan perlindungan selama 10 jam, dengan minim asap. Obat nyamuk bakar yang kebetulan saya beli ini punya aroma  Fresh Scent.


Kalau dulu ya obat nyamuk bakar ya baunya gitu² saja. Tapi sama saja sih ketika mencium aroma obat nyamuk ini, seperti terbawa ke masa nostalgia dulu ketika masih kecil.

Obat nyamuk bakar ini adalah jenis prestisida, jadi ketika menggunakannya harap berhati-hati, karena ini adalah racun, jika sehabis memegang obat nyamuk bakar ini lekas cuci tangan.

Obat nyamuk bakar untuk satu lingkaran ini cocok untuk digunakan pada ruangan dengan luasan 8-20 m². Itu adalah luasan ideal menurut pabrikan dapat menghalau nyamuk yang mengganggu.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika menggunakan obat nyamuk bakar ini, yaitu:
#1 Letakan obat nyamuk bakar yang ready to use pada  area searah angin yang menjangkau ruangan dimana anda berada.

#2 Obat nyamuk bakar ini pastikan diletakan tidak lebih tinggi  dari posisi tidur anda dan juga tak terhalang.

Ada yang menarik ketika pertama kali pegang obat nyamuk bakar ini, setelah bertahun-tahun tak pernah memegangnya lagi. Ketika memisahkan sepasang obat nyamuk bakar ini, saking gemasnya gak terpisah-pisah akhirnya sepasang obat nyamuk bakar ini saya remukan berkeping-keping. Akhirnya pada percobaan kedua barulah berhasil memisahkannya.


Cara pemakaiannya cukup mudah, dan masih sama sejak dahulu hingga sekarang, setelah dipisahkan  dari rangkaiannya, didapatlah lingkaran siap bakar. Bakar bagian ujungnya sampai terbakar api, lalu tiup apinya sehingga meninggalkan bara saja. Lalu gunakan penyangga besi yang tersedia dalam kemasan untuk penopang obat nyamuk bakar agar terbakar sempurna. Seperti gambar di bawah ini.


Komposisi produk obat nyamuk bakar ini adalah  Metoflutrin 0,01% sebagai bahan aktifnya. Bahan lainnya untuk memudahkannya terbakar ada tepung kayu,  tepung kelapa dan tepung lainnya dengan komposisi 99,99%.

Baygon obat nyamuk bakar ini diproduksi oleh  PT SC Johnson Manufacturing,  Surabaya, Indonesia.

Harga untuk kemasan yang saya beli ini, dijual di minimarket adalah Rp 5.000,- harga yang cukup murah sih menurut saya ya.

Baiklah segitu saja sharing dari saya untuk nyobain produk obat nyamuk bakar ini, bagaimana efektifitasnya akan saya jelaskan dikolom komentar saja ya. Aromanya khas sekalian membangkitkan memori masa lalu. Oh ya, btw saya punya cerita soal obat nyamuk bakar ini. Mungkin akan saya ceritakan pada blog saya yang lain.

Sampai jumpa direview produk lainnya yang ingin saya bahas saja.  Selamat beristirahat sambil menikmati aroma terapi obat nyamuk. -cpr-

1 komentar:

  1. Nyobain obat nyamuk bakar yang baunya aroma terapi ya ini, belum nemuin yang merk lain. Ada rekomendasi gak?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.