Blender Bumbu Manual

Sewaktu saya main ke tempat mbak saya, di sana kan saya numpang minjem dapur untuk masak, ketika saya lagi merajang bawang, mbak saya bilang, kelamaan pakai itu (baca: pisau), pakai ini lho.

Dia menunjukan sebuah alat, wadah silindris dengan bilah pisah di dalamnya, mirip blender tapi kecil dan tanpa listrik. Dimana bawang² saya diambil dan dimasukan ke dalam tempatnya itu, lalu ditarik-tarik seperti main gangsing atau yoyo gitu, terus setelah dibuka bawang telah terajang kecil².

Whoa, praktis sekali. Ternyata alat ini murah meriah, harganya di bawah 50K lho, banyak pilihan di online shop, tinggal pilih sesuai selera.

Akhirnya saya memutuskan untuk membelinya dengan harga Rp 13.500,- karena pakai ongkos kirim jatuhnya lebih mahal ongkos kirimnya daripada barangnya. Ya itulah suka duka membeli barang via online shop.

Barang yang saya beli ini tanpa merk, jadi ya hanya barang saja. Saya berpikir ini produk impor China, karena di sana banyak produk kreatif yang dibuat berdasarkan kebutuhan sehari-hari, dan sangat bermanfaat dan mempermudah.

Terdapat dua blade/ pisau statis yang menempel mengikuti rotor porosnya, jadi ketika talinya ditarik, maka si blade/ pisau ini akan berputar.

Ada catatan, karena ini kecil, jadi tak banyak isinya. Jadi kalau mau misalnya mencacah bawang putih, ya paling hanya beberapa siung saja, jika banyak ya gantian. Paling ya 3-4 siung, itu pun nampaknya tida bisa sekaligus, harus dibelah 2-3 bagian. Karena kalau terlalu banyak bisa nyangkut diblade/ pisaunya, yang membuat si pisau bisa agak bengkok ke bawah atau atas. Ini saya sampaikan karena saya mengalaminya waktu awal coba. Ya bengkoknya sedikit sih, karena saya tak memaksa melanjutkan mencacah bawang tersebut, tapi saya kurangi dulu isiannya, supaya pisaunya bisa leluasa memotong bawang menjadi potongan kecil.

Pertanyaannya, karena posisi pasangan begitu, bagaimana seiring pamakaian lalu pisaunya tak lagi tajam?

Hmm, nampaknya apabila dengan harga segitu, cobalah untuk membeli yang baru saja sih. Jika bisa bongkar pasang, ya bisa dicoba diasah, karena kalau pun mengasah, pisaunya terlaly kecil.

Secara umum alat ini cukup membantu dalam urusan dapur. Buat yang didapurnya belum ada alat ini, cobalah membeli ya, buat sedia² di rumah.

Baiklah segitu saja sharing dari saya, semoga bermanfaat. Selamat memasak ya. -cpr-

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Sangat membantu sekali ini mba, sederhana tapi bermanfaat, fungsional sekali.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.