Sambal Jamblang Dalam Kemasan

Kalau ditanya pas mudik ke kampung lahir, oleh² apa yang bisa dibawa saat kembali? Saya langsung dibuat bingung, karena mau bawa apa coba. 

Oleh² makanan, snack yang ada di Cirebon yang dalam kemasan itu sebagian banyak sudah juga dijual di kota lain, jadi ya sama² saja gak ada yang khas. Kecuali kalau soal kuliner boleh lah diadu, karena Cirebon punya banyak pilihan soal itu. Seperti nasi jamblang, docang, mie koclok, es oyen (meski ini asal Bandung, tapi di Cirebon cukup dikenal), empal gentong, nasi lengko. Setidaknya yang saya sebutkan itu yang paling dikenal di Cirebon. 

Tapi kalau kuliner seperti itu sulit jika dibawa sebagai buah tangan, cocoknya kamu datang dan makan langsung di TKP. 

Ketika jalan ke toko oleh² khas, di sana banyak dijajakan cemilan² yang khas, katanya begitu tapi saya menilai ya di kota lain itu pun ada koq dijual sebagai oleh². Tapi ada yang menarik buat saya, yaitu sambel jamblang dalam kemasan. 

Nasi jamblang yang tadi sempat disebutkan oleh saya tadi merupakan salah satu kuliner khas Cirebon, nah dalam pendukung nasi jamblang itu ada pelengkap utama yaitu sambel jamblang nya. Makan jamblang tanpa khas sambel ini rasanya kurang afdol. 


Nah ini sambel jamblang nya dibuat di dalam kemasan botol sehingga bisa dibawa kemana saja sebagai buah tangan. 

Saya coba beli dimana sebotolnya itu seharga Rp 30.000,-. Penampakanya seperti apa? Bisa dilihat digambar yang saya bagikan di bawah ini. 


Mantan lagi memang ketika kita menyantapnya diatas daun jati atau jamblang, uih sedep dengan nasi panas. Lauk sate kentang, telur dadar itu sudah bikin saya tergiur. 

Karakter sambel jamblang itu seperti apa sih, banyak yang menanyakan. Sebenarnya sambel jamblang itu adalah sambel goreng. Hanya saja kalau sambel goreng umumnya ditambahkan kenyang, ati atau lainnya, makan bareng opor biasanya. Tapi ini hanya sambel gorengnya saja, warnanya merah gitu. Untuk kepedasan nya diseting ringan, bisa dibilang tidak pedas, mild sekali lah istilahnya. Jadi yang gak suka pedas bisa menikmati sambel ini. 


Kalau ditanya awet apa gak, untuk di kemasan ini baik disimpan didalam chiller atau kulkas, itu akan baik dan bisa bertahan lama. Perhatikan juga label expired date nya untuk memastikan kefreshan sambel ini. 

Ini bisa jadi pilihan buat kalian yang mampir Cirebon bingung mau bawa oleh² apa. Tapi ada baiknya kalian nyobain dulu itu kulineran nasi jamblang itu seperti apa. Karena begini ada yang bisa 'klop' setelah mencobanya ada yang biasa aja. 

Saya termasuk yang menganggap biasa saja, tapi karena nasi jamblang itu buat saya kuliner unik. Kenapa, tidak semua orang  bisa membawa kuliner ini dijual di kota lain, kalau ada pun tak bertahan lama. Nasi jamblang ya hanya ada di Cirebon dan sekitarnya, selebihnya tidak ada. Ini yang jadi kekhasan tersendiri. Karena kalau dibawa di tempat lain rasa jadi berbeda dan orang yang santap pasti menilai "B" aja. 

Baiklah segitu saja sharing dari saya, semoga bisa menambah informasi bagi yang mau cari pilihan oleh² praktis di Cirebon. 

Oh ya untuk mendapatkan produk ini bisa kunjungi pusat oleh² di Kota Cirebon, namanya "Toko Daud", lokasinya tidak jauh dari Pasar Pagi, search saja di Google pasti ketemu koq. 

Sampai jumpa di sharing produk lainnya yang ingin saya bagikan. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.