Mencoba Fitur Melacak GPS by LocatePhone

Saya iseng mencoba fitur teknologi informasi yang bisa digunakan untuk mengecek lokasi berdasarkan nomor telepon. 

Ada sebuah situs yang mengenalkan mereka adalah LocatePhone, situs mereka adalah https://www.trackercellphone.com. Logonya bisa dilihat dibawah ini. 

Satu hal yang ditawarkan adalah fitur pelacakan lokasi berdasarkan nomor telepon, ini yang ingin saya buktikan. Karena begini, saya beranggapan bahwa tidak ada awam yang ahli meretas kecuali hacker, kalau orang awam mau belajar retas² pasti selalu butuh 'approve' dulu dari si target, berupa authorized klik atau menginstal aplikasi sadap dll. Tapi jika hacker bisa menyusupi target tanpa diketahui, sedangkan awam pasti akan selalu ketahuan dan ini yang mau saya buktikan dari LocatePhone ini. 

Pendaftarannya itu dikenakan biaya Rp 10.000,- /minggu, pembayaran bisa melalui Dana, PayPal dan xxx. 

Saya mencoba mengikuti prosesnya dan mencoba trial ke beberapa nomor untuk memastikan fixed it atau tidak dan kesimpulannya akan saya jelaskan di bawah postingan ini. 



Untuk pembayaran saya menautkannya dengan akun Dana, karena jauh lebih mudah, kalau PayPal gak ada saldo dan menggunakan Kartu Kredit rasanya eman² untuk transaksi yang belum tau juntrungannya, dan untungnya saya pakai Dana yang mana bayar sekali pakai saja buat seminggu, karena saya gak akan pakai lagi fitur dari pencarian lokasi berbasis website dengan nomor telepon. 

Notifikasi pembayaran sukses dan pasword akun diberikan via email ini. Jadi gunakanlah pasword dari email ini, paswordnya berupa angka. 

Diatas adalah proses registrasi pembayaran dan setelah itu akun sudah bisa digunakan. Lalu saya mencoba mencari tahu lokasi beberapa nomor, dan salah satunya saya uji cobakan ke nomor saya sendiri. 

Jadi saya punya 2 nomor aktif, nomor utama dan nomor cadangan. Saya mencoba mengecek nomor utama saya, di sana ada keterangan bahwa ada dua nomor yang perlu dimasukan yaitu nomor target dan nomor yang akan diberikan notifikasi lokasi.  Seperti gambar di bawah ini. 

Kolom atas adalah untuk menulis nomor target, yakni nomor utama saya, Indosat dan satu lagi nomor 3 untuk menerima informasi hasil pelacakan. Yang mana sampai akhirnya saya gak dapat SMS ke nomor 3, untungnya notifikasinya masih dikirim ke email. Malah justru yang di SMS adalah nomor dari si target. Inilah yang membuat alih² mata² malah jadi "mati-mati", gak canggih sama sekali. 

Setelah saya proses, gak lama ada SMS masuk ke nomor utama saya, berarti itu nomor yang saya akan lacak atau target dicari lokasinya.

Langsung saya berpikir, "Lho, koq nomor target di SMS link, berarti kalau begini, bagaimana dengan prinsip kerahasiaannya? Katanya disampaikan bahwa si target tidak akan mengetahui kalau sedang dilacak."

Nomor di atas itu pending karena SMS link nya tidak diklik oleh si target, ya iya si target tahu dia sedang dilacak, jadi mana mau mereka mengklik tautan itu, itu namanya "mau maling tapi permisi", dibutuhkan kelegowoan dari si target untuk iklas mengklik link tersebut. 

Tapi ada satu hal, saya mencoba membalikan, melacak nomor saya yang 3, tapi saya tidak mendapatkan SMS tautan link. Itu kenapa ya, dan saya punya dugaan² sendiri kenapa itu terjadi, baca dicatatan selanjutnya ya. 

Ini sebuah ketololan hakiki sih ya, mau melacak tapi si target malah dikasi tahu kalau lagi dilacak ini kan kegoblokan unfaedah! 

Diatas adalah beberapa nomor yang saya coba untuk pelacakan, kesemuanya adalah nomor orang terdekat 'keluarga' dan dua nomor pribadi saya, yang satu itu yang approve alias berhasil saya layak yakni nomor utama saya, yang mana nomor target itu dikirimi SMS link yang kemudian saya klik dan gak lama masuklah email notifikasi ke email yang saya daftarkan di proses registrasi awal tadi. Bentuk SMS bisa dilihat dibawah ini.

Di bawah ini adalah bentuk notifikasi lokasi yang dikirimkan via email. 

Secara fungsi work it, bekerja dengan baik dan pelacakannya sesuai dengan kenyataan, realtime. Tetapi yang jadi pertanyaan adalah tidak canggih untuk digunakan sebagai alat bantu kegiatan spy. Sangat amat tidak canggih dan tidak bisa diandalkan. 

Nah lihat juga beberapa nomor lain yang statusnya pending. Itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, ini analisa saya ya. 
#1 Si penerima SMS itu tidak mengklik link yang dikirimkan dari penyedia aplikasi pelacakan dalam hal ini LocatePhone

#2 Si penerima tidak punya pulsa SMS yang bisa dipotong kan dari pulsa yang ada sebagai biaya SMS. 

#3 Fitur location di HP target dimatikan. 


Saya langsung email ke CS Support untuk menanyakan apa yang mereka klaim kan di website mereka ternyata tak terbukti, ternyata si target justru malah tahu kalau nomornya sedang dilacak seseorang. 

Itu saya berikan kotak atas klaim yang mereka 'jual', sedangkan ternyata apa yang mereka 'jual' itu terbentur dengan aturan perundangan yang berlaku, yang mereka juga pintar menampilkannya pada slide bagian bawah. Saya tampilkan screeshootnya di bawah ya. 

Di atas adalah screenshoot saya ke pihak developer aplikasi berbasis website ini. Saya menunggu jawaban mereka, seperti apa jawaban mereka. Tapi sebelum jawaban itu datang saya justru mendapatkan jawabannya sendiri, jawabannya adalah seperti yang saya tampillan di bawah ini. 

Tertulis di sana "hanya dengan persetujuan dari orang yang dicari", dan itu ditunjukan dengan link yang dikirimkan via SMS ke nomor target. 

Jadi ada aturan soal privasi yang membatasi ruang gerak aplikasi pencaharian lokasi berbasis website ini, jadi secanggih apapun yang mereka tawarkan jika aplikasi ini resmi pasti akan dibatasi oleh aturan ini. 

Jujur saya dibuat kesal dan agak emosi ya dengan cara pengiklanan yang tidak sesuai, karena mereka memisahkan penawaran dan benturan aturan perundang-undangan yang berlaku. Ini sebenarnya teknik beriklan yang gak jujur, lebih tepatnya mengelabui. 

Banyak cara beriklan seperti untuk aplikasi² yang menawarkan teknik² spy atau hacker ala² orang awam alias orang biasa (bukan hacker), tapi ingat ya semuanya jika aplikasi resmi pasti akan berbenturan dengan peraturan perundang-undangan dan harapan mu akan menjadi seorang hacker awam sia² belaka, yang ada justru tindakan memalukan sih. 

Email saya yang kemarin dibalas pada hari ini, 17 Mei 2022, begitulah jawabannya, lalu kemudian saya membalas lagi seperti yang tertulis di atas. Intinya adalah si pengembang aplikasi berbasis website ini tidak mengakui soal aturan, memang dia bilang harus mengaktifkan GPS terlebih dahulu. Tetapi tetap saja mengelak bahasanya.

Fixed buat saya, tidak akan pakai sih aplikasi berbasis website ini lagi, pintar² mengelabui saja ini mah, pintar² bego. 


Kesimpulan:
Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, ada ketololan yang terjadi di sini, pembohongan bisa jadi, karena apa yang mereka 'jual' nyatanya tak terbukti, malah menjebak. 

Satu hal, jangan pernah tertipu dengan iklan atau penawaran pelacakan atau apapun, karena semuanya pasti butuh authorized dari target, kecuali kamu adalah hacker. Jadi selalu baca syarat dan ketentuan berlaku dari setiap aplikasi yang kamu ingin gunakan jasanya. Jangan sampai terkena jebakan batman seperti ini. 

Aplikasi berbasis website ini menurut saya tidak terlalu canggih dan smart, yang lebih mudah kalau sama² membutuhkan authorized, lebih baik langsung saja meminta si target mengirimkan share location berbasis WA, jelas itu lebih mudah, ada pilihan share online location atau offline. Itu lebih simpel daripada mengeluarkan dana tertentu untuk hasil yang sama saja. 

Jadi kesimpulannya, aplikasi pelacakan berbasis website ini tidak direkomendasikan untuk digunakan karena sangat tidak rahasia, cara² ala² agen spy tidak bisa berlaku kalau pakai LocatePhone. 

Lebih baik belajarlah menjadi hacker jika anda ingin meretas lokasi tanpa diketahui, seperti film² action Hollywood. 

Jadi kekesalan saya kali ini ya saya kembalikan kepada diri saya sendiri yang tolol dan bodoh, saya yang kurang detail dalam membaca informasi. Apa yang saya alami bisa saja dialami oleh orang lain, dan dalam hal ini saya rekakan ulang kejadiannya seperti yang saya jelaskan di atas, supaya jadi pembelajaran, kita belajar karena kesalahan. 

Sekian review aplikasi pencarian lokasi berbasis website LocatePhone ini. Sekarang kembali kepada anda mau mencoba atau tidak, tapi buat saya cukuplah biaya Rp 10.000,- untuk biaya mereview produk ini. Sampai jumpa dicatatan saya lainnya. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.