Djarum Super Espresso (SKT)

Sebenarnya post ini saya publish dibulan April 2024 ketika saya hunting produk rokok satu ini, ketika menjelang Idul Fitri.

Jadi awalnya saya kepincut sama rokok ini pas sedang perjalanan mudik dari Pandaan menuju Cirebon via jalur non tol. Ketika melintas di perjalanan saya lihat di baliho iklan rokok Djarum yang berflavour kopi 'espresso', nampak kemasannya bagus. Rokok ini sebenarnya di launching pada akhir tahun 2023 tepatnya bulan Desember.


Akhirnya saya jadi penasaran dan mencoba mencarinya. Ketika tiba di wilayah Jateng, saya coba cari di minimarket, karena saya pikir pasti ada karena Jateng adalah basis dari pabrikan Djarum. Tapi ternyata gak semudah itu saya temukan rokok ini.


Alfamart, Alfamidi saya sambangi ternyata tidak menjual rokok ini, Indomaret pun sama. Tapi pada akhirnya saya menemukannya disalah¹ Indomaret, karena ternyata tidak semua Indomaret jual waktu itu.

Rokok ini dijual dengan harga Rp 18.000,- isi 12 batang sebungkusnya, dengan nama Djarum Super Espresso, dengan warna kemasannya dominan hitam.

Rokok ini termasuk jenis rokok SKT. Meski ini rokok SKT, tapi kemasannya gak kalah seperti rokok SKM, emang beda sih kemasan rokok SKT punya Djarum selalu elegan, beda dengan kompetitornya. Jadi memang sebenarnya jarum meluncurkan produk kereta ini untuk pasar premium, dengan cita rasa SKT dan rasa khas SKM.

Yang menarik adalah saat membuka bungkus rokoknya, modelnya seperti flip top, bisa dilihat di gambar yang saya sajikan di bawah ini. 



Jadi setelah rokok dibuka di dalamnya di kemasan primernya tidak ada plastik lain seperti pada rokok kretek GG Djaja atau Djarum 76 Kurma Royal atau Djarum 76 Mangga atau rokok SKT lainnya. Jadi ketika kemasan dibuka langsung bisa mengambil rokoknya. Tidak ada kemasan primer aluminium foil pula.

Untuk batang rokoknya sendiri berukuran king size atau 84 mm per batangnya. Merupakan ukuran standar dari beberapa rokok SKT yang pernah saya beli sejauh ini.

Saya agak penasaran kalau ada yang jenis filter mungkin akan saya beli dan saya jadikan rokok pengganti Djarum Black Cappucino yang jadi kesukaan saya selama ini. Untuk aroma rokok sebelum dibakar ada sedikit aroma kopinya tapi lebih ke karamel. Aroma kopinya tidak setajam Black Cappucino atau Senior Cafe Latte.

Tapi dengar-dengar dan dari yang saya baca Djarum sepertinya tidak akan meluncurkan yang jenis SKM, karena persoalan pengenaan cukai yang cukup tinggi pada rokok jenis SKM, sehingga jenis SKT dianggap lebih optimal untuk diterima pasar, toh Djarum berusaha membuat dua cita rasa dalam satu rokok SKT ini.

Untuk kandungan nikotinnya 2,1 mg dan kandungan tarnya 38 mg, lebih tinggi daripada kandungan nikotin dan tar dari Senior Cafe Latte dan Black Cappucino.


Tapi jujur saja saya cukup suka dengan kemasan dari rokok ini, elegan dan harganya murah meriah untuk kemasan sebagus ini menurut saya. 

Namun memang ketika rokok ini dibakar aroma kopinya tidak begitu terasa jika dibandingkan Senior Cafe Latte dan Black Cappucino. Saya memang bukan penikmat rokok jadi memang tidak begitu memahami betul kenikmatannya, namun satu hal yang saya sukai dari rokok adalah ketika dibakar aroma flavornya itu tercium jadi tidak sekedar hanya asap saja. 

Saya juga coba cari tahu dari review rokok lain mengenai rasa dari rokok ini seperti apa sih. Jika kalian ingin tahu reviewnya bisa baca di blog ini

Ya mungkin ini saja yang bisa saya bagikan di postingan kali ini, tidak banyak yang bisa saya bagikan saya hanya sampaikan apa yang saya rasakan saja. Sampai jumpa di postingan lainnya membahas soal produk apapun yang saya suka atau yang saya penasari. -cpr

#onedayonepost
#produk
#skt
#kretek
#djarumsuperespresso
#djarum


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.