Snack UMKM: Traca- Traditional Cassava

Banyak cara yang dilakukan untuk memulai usaha baru yang bisa dilakukan UMKM. Bahan Baku produksi bisa ditemui dan harganya juga tidaklah murah.

Inilah yang dilakukan oleh UMKM yang memproduksi produk cemilan satu ini. Produk cemilan atau snack ini tidak diketahui diprodiksi oleh siapa, tidak ada keterangan di kemasan produknya.

Produk ini saya dapatkan dari bestie, dia memberikannya sebagai oleh² ketika saya berkunjung menemuinya beberapa waktu lalu. Oh ya, saya belum beritahu apa sih produk makanan ringan yang saya bahas kali ini. Kemasannya bisa kalian lihat pada dokumentasi di bawah ini.


Produknya adalah Traca : Traditional Cassava, yang ditawarkan di sini punya rasa bawang putih. Dari nama produknya kalian bisa tahu bahwa bahan bakunya adalah dari singkong, cassava adalah nama ilmiah dari singkong. Bahan alami yang mudah kita temui di sekitar kita, mudah menanamnya di ladang atau tegalan di sekitaran rumah, jika kita tinggal di desa, kalau di kota tentunya agak sulit.


Produk ini dikemasan dalam kemasan plastik semi kertas, innernya bermaterial alufoil kertas. Produk ini adalah makanan ringan sekali makan, artinya kemasannya tidak ada klip untuk menutup kembali, jadi kalau sudah dibuka ya harus dihabiskan sih. Isi bersihnya 80 gram, jadi cukup pas lah sebagai cemilan ringan.


Produk ini sudah terdaftar di PIRT dan LPOM dan sudah mencantumkam logo halal baru dikemasan. Benarkah demikian? Secara tidak ditemukan detail informasi siapa yang memproduksi produk ini. Bukannya, dalam penamaan label kemasan produk konsumsi harus mencantumkan informasi ini?

Saya coba cari tahu no registrasi yang terdaftar pada produk ini dan hasilnya, saya tidak bisa menemukan apapun, website rugalatornya juga belum fixed, jadi sulit saya cari tahunya juga. Tapi gak masalah buat saya.

Produk makanan ringan ini diklaim non pengawet dan memang masa produksi dan masa kadaluarsanya pendek, hanya setahun, it's good. Hanya saja ya ada beberapa kekurangan menurut saya dari sisi kemasan dan mall information, soal penampilan info produsen yang tidak ada.

Untuk rasanya saya suka si, singkongnya itu potongannya kecil, kalau km tahu pisang yang dipotong tipis, ya seperti itu, ya seperti keripik pisang. Rasa bumbu bawangnya yang memang tidak terlalu strong, sepertinya supaya tidak menghilangkan rasa singkongnya. Ketika buka kemasannya, aroma bawangnya itu saya suka, bikin nagih. Untuk orang mudah yang giginya sehat, ini empuk, tapi buat orang tua atau lansia pasti agak kesulitan walau gak keras juga.

Produk ini dijual dengan harga berapa saya kurang tahu, karena saya dapat dari oleh². Kemasan produk ini sudah cukup bagus, hanya saja Masih kurang informatif dari sisi produsen. Jika ada yang ingin mencari produk ini kan jadi sulit.

Baiklah segitu saja yang bisa sayua sharing ya, ya seperti biasa saya bahas produk yang menurut saya menarik. Terutama ya soal kemasannya, karena memang semua itu dimulai looks good. Sampai jumpai dibahasan produk lainnya, yang memang saya suka atau sesuai selera saya. -cpr

#onedayonepost
#produk
#food
#review


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.