Lagi Belanja Cat Rumah, Cat Eksterior

Lagi saya ke supermarket bahan bangunan buat belanja cat. Kali ini entah saya ini gimana ceritanya, koq bisa nyobain cat brand baru, yang baru saya dengar, ya hari ini baru dengar.

Sempet cek merk yang umum, ex.Jotun, ternyata ya harganya lebih mahal, memang selisih sedikit tapi memang lebih mahal.

Satu hal yang saya dapatkan bahwa cat eksterior itu lebih mahal daripada cat interior, selisihnya 2x lipat untuk dimerk berbeda ya, saya kemarin salahnya gak cek brand cat yang saya beli sebelumnya.

Lalu brand apa yang saya beli ini?

Brandnya adalah TOA. Hmm, bukan toa yang dipakai untuk manggil atau mengingatkan orang untuk waktunya beribadah ya, bukan toa yang itu.


Kemasannya bisa kalian lihat di atas ya, itu saya fotokan kemasan produknya. Kalau melihat dari kemasan sepertinya ini produk premium, kelasnya di atas. Entah ya, yang lebih mahal dari ini saya yakin ada juga.

Kemasan paling kecil yang dijual di sini 2,5 kg, dengan harga Rp 267.000,- hmm cukup mahal bukan, jika dibandingkan cat interior dari brand sebelumnya yang saya beli hanya 140rb'n.


TOA ini merupakan brand cat dari PT TOA Coating Indonesia. Merupakan perusahaan cat yang terafiliasi dengan TOA Grup asal Thailand. Fokus penjualan 80% produknya untuk pasar dekoratif dan 20% di cat protective coatings dan chemical contruction.

Pusat TOA sendiri ada di Thailand seperti yang sudah disampaikan di atas tadi. Jadi wajar jika nama brand nya agak cukup aneh bagi orang Indonesia.

TOA Indonesia ini beroperasi sejak 2019 di Tigaraksa, Tangerang. Jadi bisa dikatakan adalah pemain baru di industri cat Indonesia.


Saya kebetulan ya iseng mencoba produk ini, ingin tahu saja seperti apa sih bedanya, walaupun untuk review ini harus merogoh kocek yang gak sedikit ya, buat saya ini lumayan mahal sih.


Memang saya belum survei harga cat eksterior dari brand ekonomis yang lain.

Satu hal yang kalian harus tahu, bahwa cat interior memang lebih murah dibandingkan cat eksterior. Itu karena kelebihan² pada cat eksterior yang lebih tahan banting.

Tahan terhadap paparan sinar UV (sinar matahari), kemudian air dan suhu dari luar yang berubah ketika siang dan malam. Berbeda dengan cat interior yang lebih stabil dalam menerima paparan, karena suhu dalam ruangan cenderung lebih stabil, bahkan tidak terkena paparan sinar UV langsung dan cipratan air.

Sinar UV yang kita tahu dari banyak pengalaman dapat memudarkan cat di tembok. Cat eksterior ini didesign untuk kuat menahan itu.

TOA Coating ini memberikan klaim ketahanan 5 tahun. Kita coba buktikan nanti bagaimana hasilnya.

Agak sulit membuktikannya karena kami gunakan cat ini hanya melapis untuk bagian² yang sudah kusam dicat eksisting, dimana cat eksisting saya yakin bukan menggunakan cat eksterior.

TOA Coating ini menawarkan kelebihan² yang bisa kalian baca dikemasan cat yang mereka jual, di sini saya tuliskan kembali:
+ 2x ketahanan warna
+ Tahan terhadap cuaca ekstrim
+ Tahan terhadap UV
+ Tahan terhadap kotoran
+ Data tutup yang sangat baik
+ Ketahanan selama 5 tahun

Karena warna eksisting dari cat yang ada saat ini hijau tosca (mungkin, kira²), jadi kita coba warna yang mendekati. Entah hijau eksisting ini metalik atau biasa. Untuk cat TOA ini kita pakai hijau yang mendekati tapi dop, karena memilih harga yang lebih murah.


Catatan warna ini sengaja saya simpan juga supaya jika dilain waktu saya memerlukan warna ini, setidaknya ada dokumentasinya untuk repeat order.

Segitu saja dulu deh catatan saya soal produk ini, nanti jika ada tambahan² saya akan jelaskan dikolom komentar saja ya. Sampai jumpa dipembahasan lainnya. -cpr-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.