App. Perbankan Livin by Mandiri

Jaman sekarang ini sudah jamannya serba internet. Dulu buat rekening bank harus antri ke bank yang dituju, mesti spend waktu yang gak sedikit. Kalau sekarang serba praktis, cukup dengan aplikasi, rekening bank berhasil dibuat.

Pas kebetulan ada pembagian BSU dari pemerintah, kita karyawan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan yang tidak punya rekening bank pemerintah mau gak mau harus buat rekening supaya dana BSU bisa ditransfer.

Jadi dicobalah saya buat, dari BNI, BRI hingga Mandiri. Namun jodohnya ternyata ke Mandiri, setelah beberapa kali gagal, akhirnya proses daftar online rekening Mandiri berhasil. Bank Mandiri punya tools untuk membantu calon nasabah dan nasabah tetapnya dalam bertransaksi, yaitu dengan aplikasi Livin Mandiri.

Rasanya hampir semua perbankan saat ini punya aplikasi sejenis ini. Aplikasi seperti ini jelas membantu sekali karena kepraktisannya. Walaupun rekening yang saya miliki ini tidak memiliki buku tabungan fisik seperti rekening konvensional jaman dulu yang harus ada buku tabungan, tapi sekarang hal itu sudah bergeser. Asalkan nomor rekening aktif, nomor telepon dan data diri KTP semua terdaftar itu sudah cukup.

Saya mau share kemudahan aplikasi Livin by Mandiri ini. Jujur ini aplikasi perbankan yang simpel, praktis, easy use. Sebelumnya saya nyaman menggunakan BCA, ya BCA saat ini masih saya anggap sebagai bank swasta yang paling canggih, IT banget lah pokonya. Akses transaksi perbankan non fisiknya cukup banyak, bisa via aplikasi dan internet banking. Saya pikir bank lain juga punya, hanya saya tidak tahu palingan. Namun ada catatan yang saya anggap Livin by Mandiri lebih baik dari BCA, yaitu soal biaya transaksi, transaksi BCA by aplikasi itu selalu menuntut biaya SMS Banking, dan itu jujur saja memberatkan. Setiap mau kirim OTP atau verifikasi selalu menggunakan SMS dan itu berbayar, itu memberatkan. Itu kenapa saya gak pernah pakai aplikasi untuk transaksi BCA, saya lebih senang menggunakan i-banking yang cukup menggunakan kuota internet dan token dan itu free, bayangkan tiap kali mau verifikasi SMS, apa² SMS bisa tekor kita punya pulsa.

Sedangkan via Livin walaupun menggunakan aplikasi, dia tidak meminta verifikasi via SMS, jadinya lebih efisien dan semua transaksinya cukup dengan aplikasi saja, mau transfer uang, bayar tiket kereta, beli pulsa, isi token listrik cukup dengan masukan PIN, ya mirip² melakukannya di ATM hanya ini di aplikasi. Fitur aplikasinya juga banyak, mutasi transaksi juga mudah dibaca informasinya.

Bahkan ibu saya yang sudah masuk usia lansia 61+ juga bisa menggunakan aplikasi ini, walau awalnya agak kesulitan tapi mengajarinya tidak lama jika mengajari aplikasi bank lain. Sekarang beliau sudah bisa cek saldo dan transfer rekening, itu membantu sekali daripada beliau harus keluar rumah hanya untuo cek saldo.

Pada postingan kali ini saya mau sharing saja bagaimana saya menggunakan aplikasi Livin by Mandiri ini. Sebagai apresiasi terhadap Bank Mandiri yang mampu membuat aplikasi yang bener² mempermudah nasabahnya.


Untuk mendapatkan aplikasinya ya cukup mudah, bagi pemilik Android ya cukup pergi ke Play Store dan ketik nama aplikasinya "Livin Mandiri", warna aplikasinya itu kuning ya, ya ketika saya buat postingan ini warnanya masih itu sih.

Jika kamu belum punya rekening pada tampilan awal itu ada pilihan untuk pembuatan rekening secara online. Ikuti saja petunjuknya di sana, dengan menyiapkan nomor telepon aktif yang digunakan, KTP, NPWP, nama ibu kandung, data alamat tinggal, alamat kerja, juga kode posnya.

Atas: untuk daftar rekening baru via online dan bawah: untuk yang sudah punya rekening baik debit maupun kartu kredit

Jika sudah punya rekening tinggal pilih menu itu, dan isikan nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon aktif yang digunakan.


Tampilan Utama Aplikasi Setelah Mempunyai Akun Rekening Livin
Akses masuk ke aplikasi ini ada dua untuk smartphone yang sudah difinger, bisa by finger dan atau by username/ pasword akun Livin, yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf.

Inget ya ada dua pasword atau autority untuk 'masuk' yaitu pasword akun dan PIN, kalau PIN itu hanya untuk transaksi yang lebih ke urusan finansial dan approval tertentu. Kalau pasword akun sebagai key untuk masuk ke akun saja.


Bagi yang belum punya rekening Mandiri, Livin by Mandiri ini bisa membantu anda membuat rekening tanpa harus ke bank, dan akses transaksi anda terhadap rekening bisa diakses hanya dari aplikasi ini, walaupun gak punya kartu ATM. Namun jika anda menginginkan kartu ATM, setelah rekening by Livin jadi bisa langsung ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk pencetakan kartu ATM.

Berikut ini tampilan dari aplikasi Livin by Mandiri, yang saya SC dari akun Livin saya:

Ini tampilan awal, saat sebelum masuk akun. Bisa masuk via login password atau bisa menggunakan sidik jari.

Setelah login, tampilan dasboard nya seperti gambar di atas. Yang diberi panah itu bisa diklik untuk melihat saldo rekening kita. Akun Livin kita juga bisa ditautkan dengan Dana, Gopay dan Ovo dan banyak app. lain.

Ini tampilan dalam dari rekening, berisi mutasi rekening dari bulan ke bulan, ada menu transfer juga di pilihan dibagian atas 

Selain itu aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa transaksi yang lain, bisa dilihat di atas transaksi apa saja.


Tampilannya user friendly sekali koq, orang awam pasti akan mudah sekali menggunakannya, bahkan para orang tua yang mulai memasuki masa lansia dan masih aktif bersosial media, transaksi perbankan via smartphone ini akan dipermudah.

Saya gunakan Livin untuk beberapa transaksi umum, misalnya:
1. Transfer antar rekening bank, baik sesama Mandiri maupun beda bank.
2. Pengecekan saldo dan mutasi rekening.
3. Transaksi pembayaran tiket kereta api via KAI Access, Tokopedia, via virtual akun.
4. Pengisian saldo emoney lansiran Bank Mandiri.
5. Transaksi jajan ke cafe² via pembayaran QRIS.
6. Dll.

Sejauh ini ya transaksi yang saya lakukan hanya itu, tidak banyak karena memang saldonya belum banyak dan saya gunakan Mandiri untuk rekening endapan, rencananya seperti itu.

Baiklah begitu saja sharing dari saya soal aplikasi perbankan dari Bank Mandiri. Buat yang mau memilih bank yang bisa mengimbangi gaya hidup masa kini, saya kira Bank Mandiri bisa mengakomodir itu. Selamat mencoba. -cpr-

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.