Digital Thermometer Hygrometer CJ-3305F

Berawal dari iseng plus kepo, pengen tahu keakurasian alat digital thermometer include hygrometer yang dijual ditoko online. Penasaran, apakah itu hanya thermometer ala-ala atau memang bisa berfungsi mengukur suhu dan kelembaban udara secara realtime. Bayangkan saja, thermometer hygrometer dengan harga murah, apa akurat ya.

Thermometer hygrometer yang saya beli ini berkode CJ-3305F - Black. Ya unit yang saya beli ini berwarna hitam. Dengan list berwarna putih di sekeliling display. Thermo ini berbentuk bulat, seperti jam digital gitu deh. Ringan sekali jika dipegang, tanpa baterai.


Display LCD nya menampilkan tulisan Low,  OK, High dengan diskripsi warna berturut-turut hijau tua, hijau muda dan merah. Di bagian tengah atau center lingkarang itu ada tertulis "CALIBRATED" begitupun juga di bagian bawahnya dengan huruf lebih kecil dan di bawahnya lagi ada pilihan C/F yaitu Celcius/Farenheit, satuan suhu. Di sisi kiri dan kanan terdapat kotak low, high agak besar di atas dan di bawahnya tertulis lebih kecil. Saya menduga di sana akan tertulis angka digital suhu atau kelembaban yang diukur.


Dari barang sesimpel ini, entah dari mana sensor suhu dan kelembaban si alat ini dipasang ya? Tidak ada sensor thermocouple atau sejenisnya yang menonjol atau menjulur keluar. Lalu dari mana dia menangkap suhu dan kelembaban, apa ini hanya alat mainan?

Di bagian belakang, terdapat slot untuk memasukan baterai AAA ukuran 1,5A. Seperti saya bilang pada postingan lain, pembelian unit ini tidak termasuk baterai. Di bagian atas terdapat lubang cantolan, untuk menempatkan alat ini di dinding. Bisa juga ditaro bersandar di atas meja, karena di bagian tutup baterai ada sandaran khusus, minimalis, bisalah untuk menegakan alat ini di atas meja. Lalu ada dua buah besi mengapit lubang cantolan. Entahlah, itu besi apa, saya kira magnet, eh ternyata pas saya tempel ke besi, ya gak nempel juga. Entahlah, besi apa itu.


Untuk sementara saya masih belum bisa memastikan bahwa thermo hygro ini berfungsi. Rencananya, alat ini akan saya tempatkan di mobil, untuk ukur suhu ketika siang hari. Mengingat ketika panas terik, di dalam mobil tanpa ac bernyala itu seperti sedang di dalam oven.


Secara umum sih, alat ini praktis, bagus juga si, karena emang butuh dan saya butuh yang tampilannya lebih futuristik gimana gitu. Meskipun nampak sederhana, alat ini ternyata bisa touchscreen loh, mungkin semi touch, dipanel LCD bagian bawah tempat indikator satuan suhu C/F itu bisa diganti, tergantung mau Celcius atau Farenheit.

Saya masukan ke dalam freezer, untuk pembuktian

Setelah saya isikan baterai AAA 1,5A, si thermohygro ini akhirnya menyala. Kelihatannya sih semua berjalan baik, tapi soal akurasi saya tidak tahu. Untuk mencobanya saya coba bawa alat ini ke kulkas terdekat, lalu saya masukan ke bagian atas, tempat freezer. Saya amati suhunya tidak ada perubahan, padahal suhu di dalam freezer itu cukup dingin dibandingkan suhu ruangan.

Untuk sementara ini, saya masih beranggapan bahwa alat ini hanya mainan saja, ya nampak berfungsi tapi sebenarnya tidak begitu membantu. Setingannya disesuaikan pada suhu ruangan saja, jadi jika digunakan normal, ketidakberfungsiannya =tidak akan terlalu terlihat. Beralasan dari percobaan pertama tadi.

Nah, buat yang mau sekedar punya, buat hias-hiasan, bisalah alat ini dipakai, tapi untuk kebutuhan khusus, rasanya tidak bisa terlalu bermanfaat dan dijadikan patokan untuk pengukuran suhu dan kelembabannya. Ya namanya juga barang murah, anggap saja seperti beli mainan. -cpr-

4 komentar:

  1. Harganya berapa mas ?

    mungkin barangnya KW mas sehingga alatnya tdk berfungsi.

    atau jng2 khusus dipakai dikutub utara... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya itu hanya 83.100 sih untuk baranya, diluar ongkir ya.
      Entahlah kalau KW, beda asli sama KW jg gk da yg tw, brg asli ny seperti apa jg, gk akan bs kalau qt gk lihat lngsg brg fisiknya

      Hapus
  2. Sejauh ini thermometer hygro ini masih awet, saya tempatkan di dalam mobil, ya meski tidak begitu akurat, tapi lumayan sebagai indikator suhu dan kelembaban di dalam mobil, secara kadang kalau parkir kan gak melulu ada pepohonan yang rindang atau atap di atas yang melindungi dari panas. Jadi perlu juga indikator suhu ini.

    BalasHapus
  3. Masih awet sampai sekarang, baterainya pun irit belum ganti²

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.