Xiaomi Mi Band 2 - Review

Wearable satu ini jadi pilihan saya untuk menemani aktivitas sehar-hari. Perangkat ini tidak saja sebagai pengganti jam, namun bisa merekam beberapa aktivitas fisik seperti rekam kualitas tidur malam, langkah harian, kalori yang dihabiskan untuk setiap aktivitas, pemantau denyut nadi, serta fitur pemantau aktivitas (tersedia berbagai mode aktivitas umum). Notifikasi ketika ada telepon atau SMS atau chat  masuk ke smartphone kita (dengan catatan koneksi bluetooth aktif). Kelebihan lainnya adalah unit wearable yang saya miliki tahan air serta konsumsi baterainya yang relatif irit (sekali charge bisa tahan kurang lebih dua minggu lebih sedikit).

Fitur yang menurut saya cukup untuk sebuah wearable dengan harga yang relatif ekonomis. Wearable besutan Xiaomi ini merupakan versi kedua dari yang pertama diproduksi, tampilan digitalnya membuat perangkat ini lebih modern dari pendahulunya.

Mi Band 2 yang saya pakai sekarang merupakan unit kedua yang saya punya, karena unit pertamanya hilang, entah jatuh dimana, karena karena karet band dari unit sebelumnya getas, karena saya pakai bukan yang ORI. Meskipun menggunakan strap yang ORI, lebih baik ketika mandi, jangan menggunakan Mi Band, meskipun Mi Band ini tahan air, tapi strap karet ini punya ketahanan tertentu jika sering terkena air.

Berikut beberapa fitur dari Mi Band 2 yang saya screenshoot dari aplikasi bawaanya Xiaomi. Penggunaan Mi Band 2 ini perlu didukung perangkat lunak yang terinstal dismartphone kita, Mi Fit adalah nama aplikasinya. Jikapun tidak, Mi Band tetap dapat bekerja sebagaimana mestinya, hanya saja untuk memantau semuanga dari unit Mi Band akan ada keterbatasan, karena LCD Mi Band yang terbatas (kecil).

Tampilan Mi Fit

Monitor berapa langkah yang sudah ditempuh, akumulasi jarak tempuh, serta kalori yang terbakar. Semuanya terangkum ditampilan ini, berikut jam berapa kita beraktivitas

Monitoring kualitas tidur kita, kapan saat tidur nyenyak atau sekedar tidur. Terekam dalam harian, mingguan, bulanan.

Monitoring denyut jantung.

Monitoring beberapa aktivitas khusus

Unit pertama yang saya miliki saya lego dengan Rp 499.000,00 dan untuk unit kedua saya memperolehnya dengan harga Rp 299.000,00. Keduanya saya peroleh melalui marketplace (Tokopedia dan Akulaku). Untuk unit resminya, kita tidak bisa mendapatkannya melalui dealer resmi Xiaomi, karena Xiaomi sepertinya memutuskan untuk tidak membawanya melalui jalur resmi. Xiaomi membawa unit resmi Mi Band generasi pertama, yang dapat kita peroleh di distributor resmi Erajaya / Trikomsel. Tapi untuk Mi Band 2, sampai saat ini saya belum menemukannya di distributor resmi, setidaknya seperti itu yang saya tahu sampai saya posting catatan ini.

[Sumber: Google]

Berikut ini spesifikasi standar dari unit Mi Band yang saya miliki:
Dimensi 15,7 mm x 10,5 mm x 40,33 mm (Black)
Baterai Lithium polymer 70 mAh, daya tahan 20 hari
Berat 7 gram
Fitur: Water Resistant IP67, layar OLED 0,42” (layarnya dilapisi pelindung scratch resistant dan anti-fingerprint), konektivitas bluetooth 4.0, ADI ultra-low power acceleration sensors & photoelectricn sensors
Paket penjualan unit ini hanya terdapat unit Mi Band 2, straping standar black, buku panduan, connector charger, pelindung layar plastik (tapi tidak berguna banyak, karena mudah lepas).

So, buat yang membutuhkan wearable untuk aktivitas olahraga atau sehari-hari, Mi Band 2 bisa jadi pilihan. Mengingat harga yang relatif murah dibandingkan merk lain yang punya fitur serupa. Selamat mencoba.cpr

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.